nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LPA Jatim Akui Panti Asuhan Millinium Tidak Layak Huni

Nurul Arifin, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2015 19:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 08 19 519 1199072 lpa-jatim-akui-panti-asuhan-milinium-tidak-layak-QhfPAcudV2.jpg foto-foto bayi di Panti Asuhan Milinium (facebook)

SURABAYA - Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur menyebut Panti Asuhan Millinium di Larangan, Sidoarjo tidak layak. Salah satunya adalah jumlah pengasuh di panti asuhan tersebut hanya dua orang, sementara anak yang harus diasuh sebanyak 30 orang.

"Kami sudah mendatangi lokasi panti asuhan. Memang kondisinya tidak layak dan kumuh," kata Ketua Divisi Data dan Riset Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur, Isa Anshori, saat dikonfirmasi Okezone, Rabu (19/8/2015).

Dengan jumlah tersebut, kata Isa, tidak sebanding. Karena yang dirawat adalah manusia sehingga memerlukan perlakukan khusus. Di panti asuhan tersebut, penghuninya mulai dari balita hingga anak-anak yang masih usia sekolah.

LPA Jatim sengaja mendatangi lokasi setelah mendapat laporan dari masyarakat. Terlebih, kondisi ini juga ramai dibicarakan di media sosial. Dia pun berharap, pemerintah segera mengambil alih pengasuhan anak-anak dalam panti asuhan tersebut.

"Jika sudah demikian bagaimana tanggung jawab dari pemerintah. Ini menyangkut nasib anak-anak," ujar pria yang juga Ketua Hotline Pendidikan Jawa Timur ini.

Mirisnya kondisi di panti asuhan tersebut jadi perbincangan setelah seorang netizen bercerita mengenai kondisi panti asuhan di Facebook. Dia menggambarkan kondisi penghuni Panti Asuhan Milinium mengenaskan, sementara pengurus panti hidup mewah-mewahah dan beristri banyak.

Berikut penggalan tulisan pemilik akun NiningAstria...:

Pondok Panti Asuhan Millinium

Jl Tenggulunan, Larangan, RT18/RW 07 Sidoarjo

Sebelah barat pasar Larangan

 

Kondisi anak2 memelas

1 pengasuh utk 10 anak (aku 3 aja kewalahan)

Banyak berita beredar anak2 diikat kakinya

Banyak yg sakit, mulai dr ruam popok sampai busung n mallnutrisi (ada saksi yg liat bayi n balita disuapin nasi n kuah mi instan doang)

Banyak yg sudah kesana melihat hal ini

 

Smntr itu pengurus mobilnya n (istrinya) banyak, ada alphard cyyn

Banyak yg bilang jngn pitnah sblum tau sndiri, dtng aja langsung

Lha ada banyak orang yg dah dateng kesana, liat anak tidur di halaman belepotan pup dilalerin ya didiiemin, liat bayi dimandiin klucuran air dingin (kucinģku aja mandi aer anget), liat ruam popok merah smp ada yg berdarah n dibilang pengasuhnya klu itu salep (tepok jidat)

 

Banyak yg belain pengurus juga katanya gak semudah itu urus anak2 sbnyk itu hanya mengandalkan donasi n santunan

Nah klu mmg pengurusnya baek n kuwalahaaamm... knp bayi2 tidak boleh diadopsi, jelas2 mrk kewalahan kan, knp hayooo kok orang gak boleh adopsi?

Banyak yg dah dateng minta adopsi malah disuruh donasi aja

Siapa yg tw gmn cara laporin ini ke kpai, kemensos, dinsos, kak Seto dll dkk tsbt agar pihak yg berwenang menindaklanjuti ini prends?

TOLOOONG YAAAAAA (sengaja lebay)

‪#‎Kemensos‬ ‪#‎DinasSosial‬ ‪#‎KPAI‬ ‪#‎KakSeto‬

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini