nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LPA Jatim Pertanyakan Legalitas Panti Asuhan Milinium

Nurul Arifin, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2015 11:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 08 20 519 1199317 lpa-jatim-pertanyakan-legalitas-panti-asuhan-milinium-9MLspJoUMG.jpg Ilustrasi (Okezone)

SURABAYA - Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur mempertanyakan legalitas Panti Asuhan Milinium di Jalan Tenggulunan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Sidoarjo.

Pasalnya, kondisi panti asuhan yang tidak layak menimbulkan kecurigaan bahwa lembaga sosial itu hanya untuk mengeruk keuntungan saja.

"Kami sudah mendatangai lokasi itu. Dengan kondisi yang ada kami mempertanyakan soal perizinan panti asuhan tersebut. Jika legal formalnya ada, tidak mungkin terjadi penelantaran," kata Ketua Divisi Data dan Riset Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur, Isa Anshori saat dikonfirmasi Okezone, Kamis (20/8/2015).

Isa mengatakan, pihak LPA setelah mendatangi lokasi tersebut dan mendorong kepada pemerintah dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo dan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur untuk segera melakukan penanganan. Instansi tersebut, kata Isa memiliki kewenangan untuk melakukan kajian dan penanganan.

Menurut Isa, negara juga harus berperan penuh dalam upaya penyelamatan anak-anak yang ada di panti tersebut. Saat mendatangi lokasi, kondisi Panti Asuhan Milinium tidak layak. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pengasuh yang hanya dua orang pengasuh untuk mengasuh 30 penghuni panti terdiri balita dan anak-anak.

"Ada yang bilang jumlahnya sampai ratusan. Saya curiga memang sengaja dibesarkan jumlahnya untuk mengakses bantuan yang lebih besar. Dinas Sosial harus turun tangan," katanya. Selain itu, tempat tidur para penghuni panti itu juga dianggap tidak layak. "Mereka tidurnya jadi satu di tempat seperti hall besar," pungkas Isa.

Seperti diberitakan sebelumnya, beredar posting-an yang menggambarkan kondisi Panti Asuhan Milinium di Jalan Tenggulunan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Sidoarjo yang mengenaskan.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini