Ajakan Ngumpul untuk Alumni Unsoed

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Jum'at 21 Agustus 2015 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 21 65 1200375 ajakan-ngumpul-untuk-alumni-unsoed-iaU3s1mbXn.jpg ilustrasi: wisudawan Unsoed. (Foto: dok. Unsoed)
JAKARTA - Buat alumni Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) di seluruh Indonesia, ada ajakan ngumpul yang seru, nih! Bisa kangen-kangenan sambil sumbang ide untuk Keluarga Alumni Unsoed, deh.

Catat baik-baik informasinya, ya. Musyawarah Nasional Alumni (Munas) ke-II ini akan dihelat pada Sabtu, 22 Agustus di Gedung Rektorat lantai 1 Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Ketua Panitia Munas Unsoed Prof. Totok Agung, menjelaskan, alumni Unsoed akan diajak berembuk untuk merumuskan kerjasama di berbagai bidang. "Secara internal, tujuan munas ini adalah menghimpun potensi alumni serta memperkuat jaringan alumni unsoed di seluruh Indonesia. Potensi kolektif ini positif agar alumni Unsoed dapat saling membantu satu sama lain," kata Totok, seperti dinukil dari keterangan tertulisnya kepada Okezone, Jumat (21/8/2015).

Guru Besar Fakultas Pertanian Unsoed itu menilai, sudah saatnya alumni Unsoed berkpirah dan berperan aktif menyikapi dan menyelesaikan masalah-masalah kebangsaan. Apalagi banyak alumni Unsoed berperan dalam sektor-sektor strategis, baik di pemerintahan maupun swasta seperti Haiban Hadjid (Pengusaha IT Nasional/Ketua KAUnsoed 2013-2015), Astera Primanta Bakti (Staf Ahli Menteri Keuangan), Ir. Wiratno M.Sc, Phd (Pimpinan Balai Penelitian Tanah Kementerian Pertanian), Final Prajnanta (CEO Royal Agro Indonesia), Erie Sasmito (Pengusaha furnitur pasar ekspor), Prof, Dr. Rudi Priyadi MS (Rektor Universitas Siliwangi), Singgih Wiranto (Dirjen Pembangunan Daerah Kementerian Desa dan PDT) dan Tulus Abadi (Direktur YLKI).

Dia berharap, dengan mengusung tema "Meningkatkan Peran Alumni dalam Memajukan Unsoed", munas kali ini dapat melahirkan berbagai rekomendasi peran aktif alumni dalam menyikapi masalah kemasyarakatan di tingkat nasional, dengan memberikan masukan atas kebijakan publik dari pemerintah.

"Munas ini akan merumuskan langkah-langkah strategis bagi alumni untuk turut menyumbang pikiran untuk solusi kebangsaan serta rekomendasi untuk meningkatkan kualitas lulusan Unsoed di tingkat nasional maupun internasional," imbuh peraih penghargaan Inovator unggulan dari Kemenristek Dikti itu.

Selain kumpul-kumpul dan temu kangen, salah satu agenda penting yang akan dibahas dalam munas adalah Pemilihan Ketua dan Pengurus Alumni Unsoed Periode 2015-2020. Selain itu, munas ini juga akan dibahas pembentukan badan usaha milik alumni. Lembaga tersebut diharapkan menjadi wadah pengembangan usaha yang hasilnya akan digunakan untuk membantu sesama alumni yang membutuhkan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini