KTM Telang Potret Sukses Pengembangan Transmigrasi

Fahmi Firdaus , Okezone · Jum'at 28 Agustus 2015 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 28 340 1204412 ktm-telang-potret-sukses-pengembangan-transmigrasi-FcDDmSNLJK.jpg Foto: Ist

BANYUASIN - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar melakukan pemantauan langsung ke Kota Terpadu Mandiri (KTM) Telang, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Kedatangan Marwan untuk melihat progres pembangunan disana.

"KTM Telang ini kita tengok langsung. Ini sudah cukup bagus dan akan kita tingkatkan terus. Termasuk kita suntik permodalan usaha kecil menegah seperti BMT dan Kooperasi," ujar Marwan dalam keterangannya, Jumat (28/8/2015).

Marwan menjelaskan, pembangunan di KTM Telang sudah sangat bagus dan berhasil menciptakan pertumbuhan kota-kota baru di Kabupaten Banyuasin. Meski demikian, proses pembangunan tentunya akan terus ditingkatkan, diantaranya dengan membangun infrastruktur jalan, sarana pendidikan, sarana kesehatan, serta berbagai program pemberdayaan masyarakat.

"KTM Telang kedepannya kita harap menjadi percontohan bagi daerah transmigrasi lain. Untuk itu, di KTM Telang kita akan bangun jalannya tahun ini, dan sudah disurvei sama PU," jelas Marwan.

Sebagai kawasan transmigrasi yang dibangun sejak 1985, KTM Talang berhasil mengangkat daerah yang dulunya terisolasi menjadi kota terpadu yang terintegrasi. Kesuksesan pembangunan KTM Telang ini pun sudah terbukti mampu menggerakkan roda perekonomian masyarkat.

Selain melakukan kunjungan di beberapa lokasi KTM, seperti rumah pengelola padi terintegrasi, PAUD, Masjid, dan Sentra Bisnis. Marwan juga memberikan bantuan berupa alat pendidikan PAUD, Mesin jahit untuk Pondok Pesantren, Bantuan sarana kantor, dan Bantuan kesenian.

"Untuk pengembangan Kota Terpadu Mendir, nanti akan kita tindak lanjuti dengan melakukan komunikasi dengan Pemprov," tandasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini