nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ridwan Kamil Awasi Ketat WNA di Bandung

Tri Ispranoto, Jurnalis · Sabtu 29 Agustus 2015 12:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 08 29 525 1204601 ridwan-kamil-awasi-ketat-wna-di-bandung-4o18rEShSM.jpg
BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (RK) tak sependapat jika lingkungan perumahan mewah disebut sebagai sarang para warga negara asing (WNA) melakukan aksi kejahatan di Indonesia.

“Menurut saya, itu susah mengidentifikasinya. Mereka mau menyamar di rumah kumuh sekalipun atau tidak, itu tidak ada hubungannya. Hanya kebetulan kejahatan yang sekarang seperti itu (di rumah mewah),” tutur RK, di Pendopo Kota Bandung, Jumat (28/8/2015).

Pernyataan ini terkait Tim Gabungan Polri, Imigrasi, serta Bea dan Cukai yang menggerebek sebuah rumah mewah di Jalan Setra Duta Raya E3 Nomor 8, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, pada Rabu 26 Agustus 2015.

Tim mengamankan puluhan orang yang 30 di antaranya WNA asal Taiwan. Diduga sejak sebulan terakhir rumah tersebut digunakan para WNA untuk melakukan aksi kejahatan narkoba, cyber crime, dan human trafficking.

Guna mengantisipasi hal ini, terang RK, Pemerintah Kota Bandung akan mendorong para RT dan RW berperan aktif melakukan pengawasan di daerah masing-masing.

“Pemkot akan mengaktifkan kembali RT dan RW melakukan pengawasan dengan ketat. RT dan RW harus rajin konsolidasi soal melapor terutama ada hal yang diluar kewajaran,” tegasnya.

Meski demikian, RK menyatakan tak bisa leluasa melakukan pengawasan. Sebab, pihaknya tidak bisa mengawasi aktivitas di dalam rumah. “Itu sifatnya sudah privasi,” tukasnya. (day)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini