nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Bebas Visa Bisa Mudahkan WNA Berbuat Kriminal

Tri Ispranoto, Jurnalis · Sabtu 29 Agustus 2015 15:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 08 29 525 1204661 indonesia-bebas-visa-bisa-mudahkan-wna-berbuat-kriminal-34i5DcU9eM.jpg
BANDUNG – Sebanyak 45 negara diberi kemudahan bebas visa oleh Pemerintah Indonesia. Dalam waktu dekat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membebaskan 30 negara lain terkait penggunaan visa.

Kemudahan itu tak jarang dijadikan celah oleh para pelaku kejahatan internasional di Tanah Air. Hal tersebut terbukti dengan semakin banyaknya warga negara asing (WNA) yang terlibat tindak kejahatan.

“Hal itu harus diantisipasi. Ini masih menjadi kajian dan pendalaman,” kata Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie, saat ditemui usai meninjau rumah mewah tempat penggerebekan 30 WNA Taiwan di Jalan Setra Duta Raya E3 Nomor 8, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (28/8/2015).

Ia mengatakan, joint operation yang berujung penggerebekan pada Rabu 26 Agustus 2015 adalah bentuk antisipasi dari pihak berwajib.

“Yang jelas kita lakukan upaya operasi bersama ini dalam rangka mengantisipasi apakah ada kebijakan pemerintah (membebaskan visa) ada celahnya atau tidak,” ungkap mantan Kapolda Bali dan Kadiv Humas Mabes Polri itu.

Ronny enggan berspekulasi lebih jauh, Indonesia dan Taiwan sama-sama telah membebaskan visa bagi masyarakat yang akan berkunjung ke kedua negara.

Sebagaimana diketahui, Tim Gabungan Polri, Imigrasi, serta Bea dan Cukai menggerebek sebuah rumah mewah di Jalan Setra Duta Raya E3 Nomor 8, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, pada Rabu 26 Agustus 2015.

Tim mengamankan puluhan orang yang 30 di antaranya WNA asal Taiwan. Diduga sejak sebulan terakhir rumah tersebut digunakan para WNA untuk melakukan aksi kejahatan narkoba, cyber crime, dan human trafficking. (day)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini