Keuntungan Ikut UKM Saat Kuliah

Iradhatie Wurinanda, · Senin 31 Agustus 2015 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 31 65 1205358 keuntungan-ikut-ukm-saat-kuliah-D7EaGayk6i.jpg Jangan hanya kuliah dan langsung pulang. Gabung dengan UKM untuk menambah pengalaman. (Foto: shutterstock)
JAKARTA - Saat menjadi mahasiswa, kamu akan mengenal istilah unit kegiatan mahasiswa (UKM) sebagai pengganti ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Di awal semester, UKM tersebut biasanya akan merekrut anggota baru, terutama untuk mahasiswa baru.

Setiap universitas memiliki banyak pilihan UKM. Jadi, pastikan kamu bergabung di salah satunya. Sebab, ternyata banyak manfaat yang bisa kamu ambil jika bergabung ke dalam komunitas tersebut. Yuk, intip keuntungannya.

1. Menambah skill

Dengan bergabung di salah satu UKM, kamu bisa menyalurkan hobi yang kamu miliki. Oleh karena itu, pilih UKM yang kamu sukai dan sesuai minat. Manfaatkan UKM tersebut untuk mengembangkan potensi di dalam dirimu, sehingga bisa menambah skill di bidang tersebut.

2. Menambah teman

Bergabung di UKM akan memberi kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang. Artinya, kamu akan memiliki teman yang lebih banyak di luar jurusan atau fakultas. Ingat, membangun jaringan di masa kuliah itu penting. Jadi, manfaatkan UKM sebagai wadah untuk memperluas jaringan dan kenalan.

3. Belajar berorganisasi

Pengalaman organisasi menjadi salah satu modal untuk memasuki dunia kerja. Dengan bergabung di UKM, kamu akan belajar untuk mengadakan suatu acara dan bertanggung jawab pada posisi tertentu. Cara ini efektif untuk meningkatkan soft skills-mu.

4. Mengisi waktu luang

Enggak selamanya kamu disibukkan dengan aktivitas akademis saja. Daripada cuma jadi mahasiswa yang kuliah terus pulang, pergunakan UKM sebagai tempat untuk mengisi waktu luang. Selain kegiatannya positif, kamu juga bisa menggunakan waktu luangmu secara produktif.

5. Menambah pengalaman di CV

Kamu bisa memasukkan keikutsertaan menjadi anggota UKM dalam CV. Hal tersebut berguna untuk modal menjari kerja di masa mendatang. Apalagi, jika kamu bergabung pada UKM yang sesuai dengan cita-citamu.

6. Cari pacar

Sebagai mahasiswa yang disibukkan dengan berbagai aktivitas, kadang-kadang beberapa mahasiswa sampai enggak punya waktu untuk cari pacar. Nah, siapa tahu dengan bergabung di UKM, kamu bisa menemukan pacar yang pas dengan hobi yang sama. Asyik banget kan!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini