nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Inggris Tarik Minat Pelajar Indonesia

Afriani Susanti , Jurnalis · Selasa 01 September 2015 18:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 09 01 65 1206320 cara-inggris-tarik-minat-pelajar-indonesia-JHqph3dDQi.jpg Inggris gencar menarik minat pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan di negeri tersebut. (Foto: shutterstock)
JAKARTA - Pemerintah Inggris sedang gencar mendorong mahasiswa Indonesia untuk menempuh studi di sana. Mereka pun menggelar berbagai upaya menarik minat pelajar Indonesia.

Duta besar Inggris, Moazzam Malik, mengamini hal tersebut saat melepas penerima beasiswa Chevening belum lama ini. Dia mengakui, pihaknya menerapkan berbagai cara untuk menarik lebih banyak mahasiswa Indonesia menuntut ilmu di negaranya.

"Ada beberapa usaha kami, misalnya menyelenggarakan pameran pendidikan Inggris. Tahun ini kami akan mengatur beberapa pameran lagi," ujar Malik di Kedubes Inggris, belum lama ini.

Selain itu, mereka juga menggelar kegiatan informatif lainnya, bekerjasama dengan British Council. Tujuannya, menyebarkan berbagai informasi tentang pendidikan Inggris kepada masyarakat Indonesia. Di sisi lain, perguruan tinggi di Inggris juga menjalin kerjasama dengan sejumlah kampus Tanah Air.

"Soal beasiswa, misalnya, selain beasiswa Chevening, ada banyak skema dan program lain yang ditawarkan, termasuk beasiswa LPDP dan beasiswa dikti. Jadi kami juga bekerjasama dengan pemerintah Indonesia supaya program ini bisa digunakan oleh mahasiswa berprestasi Indonesia ke Inggris," tambahnya.

Lulusan University of Oxford itu mengklaim, Inggris memiliki kampus-kampus terbaik di dunia. Bahkan, empat dari sepuluh perguruan tinggi terbaik di dunia terletak di Inggris serta satu dari tujuh pemimpin dunia pernah belajar di negaranya.

"Jadi pendidikan tinggi di Inggris itu sangat bagus dan berkualitas. Selain itu, pengalaman studi di Inggris akan memberikan banyak manfaat. Alumni Inggris umumnya menjadi pemimpin setelah kembali ke negara masing-masing," tuturnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini