nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Plankton Bermunculan di Samudera Hindia Yogyakarta

ant, Jurnalis · Kamis 03 September 2015 07:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 09 03 512 1207387 plankton-bermunculan-di-samudera-hindia-yogyakarta-bIEM8Zvpym.jpg Ilustrasi. (dok.Okezone)

CILACAP - Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap memprakirakan upwelling akan bermunculan di perairan selatan Jawa Tengah (Jateng) dan Yogyakarta pada awal bulan September 2015.

"Upwelling adalah penaikan massa air laut yang membawa plankton dari suatu lapisan dalam ke lapisan permukaan," ujar Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo, Kamis (3/9/2015).

Dengan adanya aktivitas plankton yang muncul ke permukaan, dia memperkirakan akan banyak terdapat ikan di tempat tersebut.

Menurut dia, upwelling tersebut akan muncul di Samudra Hindia selatan Jateng dan Yogyakarta dalam satu pekan ke depan dengan pertumbuhan berkisar 5 hingga 50 centimeter per hari.

"Sebenarnya musim panen ikan sudah mulai, namun kendalanya masih sering terjadi gelombang tinggi seperti hari ini. Tinggi gelombang maksimum mencapai 3 meter. Namun dalam satu pekan ke depan diprakirakan cenderung turun pada kisaran 2,5 meter," tutur Teguh.

Dengan demikian, kata dia, nelayan-nelayan tradisional yang kapalnya cukup besar bisa melaut untuk mencari ikan.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini