Share

Jerman Siapkan Dana Rp9 Triliun untuk Imigran

ant, · Selasa 08 September 2015 06:46 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 07 18 1210019 jerman-siapkan-dana-rp9-triliun-untuk-imigran-lu0l0YDlfY.jpg Kanselir Jerman Angela Merkel. (Foto: Reuters)

BERLIN - Jerman siap menampung para imigran. Pemerintah Jerman menyediakan dana enam miliar euro atau sekitar Rp9 triliun untuk membantu imigran di negaranya.

"Yang kami alami sekarang akan mengubah negara ini dalam tahun-tahun mendatang," kata Kanselir Jerman Angela Merkel dengan memuji ratusan warganya, yang menyambut pengungsi Suriah di stasiun kereta, seperti diberitakan AFP, Selasa (8/9/2015).

Sementara itu Uni Eropa, setelah ditekan Prancis dan Jerman, menyiapkan jatah baru, yang akan memaksa dua negara dengan perekonomian terbesar menampung hampir setengah dari 120.000 pengungsi.

Menurut usul kepala Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker, yang akan diumumkan pada Rabu, Jerman akan menampung 31.443 pengungsi, sementara Prancis 24.031. Kebijakan ini untuk meringankan beban Yunani, Italia, dan Hungaria. Spanyol, di sisi lain, akan menampung 14.931 orang.

Jumlah pengungsi naik secara tajam sejak Jumat, saat Austria dan Jerman membuka pintu perbatasan untuk membiarkan ribuan pengungsi yang sebelumnya singgah di Hungaria.

Pemerintah jerman--yang diperkirakan menerima 800.000 pencari uaka pada tahun ini atau empat kali lipat lebih besar dibanding tahun lalu--merencanakan anggara enam milyar euro untuk menampung dan memberi makan pendatang baru pada tahun depan.

"Pada beberapa pekan dan bulan ke depan, Jerman menjadi tujuan bagi pengungsi dengan jumlah yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Mereka mencari perlindungan dari perang dan pelanggaran HAM," demikian pernyataan Pemerintah Jerman.

Jerman adalah negara dengan perekonomian terbesar di Eropa dan telah menampung pengungsi jauh melebihi negara lain. Namun, Berlin meminta anggota lain Uni Eropa juga menanggung beban sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini