Ahok: Arab Saudi Saja Enggak Potong Hewan di Masjid!

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 09 September 2015 12:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 09 09 338 1210990 ahok-arab-saudi-saja-enggak-potong-hewan-di-masjid-2O1PURzz9T.jpg Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama/Ahok (foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menjelaskan Pemprov DKI tidak melakukan pelarangan pemotongan hewan kurban di rumah ibadah dan juga sekolah-sekolah di Ibu Kota.

Namun, kata Ahok, Pemprov DKI telah menyiapkan lokasi Rumah Potong Hewan (RPH) di Pulo Gadung dan Cakung Jakarta Timur, untuk melakukan pemotongan hewan kurban guna mengawasi kesehatan sejumlah hewan kurban yang akan dikonsumsi oleh warga Jakarta.

"Enggak ada larangan potong hewan kurban, cuma demi kesehatan, potongnya mesti di RPH, kita tidak ingin darah-darah hewan itu jadi penyakit. Kamu potong di masjid juga bau kok gara-gara potong hewan, di Arab Saudi saja enggak ada lagi potong hewan di masjid," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengaku siap berdebat lantaran dirinya telah menyediakan pusat pemotongan hewan kurban di Ibu Kota. Dijelaskannya, kerajaan Arab Saudi sebagai tempat lahirnya agama Islam telah melakukan pemusatan dalam pemotongan hewan kurban.

"Makanya kalau melanggar syariat Islam itu kita bisa berdebat. Anda lebih dekat dengan ajaran Islam di Arab Saudi atau di Indonesia? Pertanyaan saya kalau Anda bilang itu melanggar syariat Islam berarti Anda menuduh negara Arab Sudi melanggar syariat Islam lantaran memotong hewan tidak di masjid tapi di luar pemotongan hewan," ungkap Ahok.

Ahok mengaku heran, karena banyaknya kritikan yang ditujukan kepada Pemprov DKI terkait kebijakan tersebut. Menurutnya, kebijakan melakukan pemustan hewan kurban juga telah diterapkan oleh Arab Saudi sebagai tempat lahirnya agama Islam tersebut.

"Nabi Muhammad saja orang dari Arab Saudi (tapi negaranya memotong hewan di luar masjid) kan bukan dari Indonesia," pungkas Ahok.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini