nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Api Lahap 300 Hektare Kawasan Suaka Margasatwa Cikepuh

ant, Jurnalis · Rabu 09 September 2015 18:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 09 09 525 1211303 api-lahap-300-hektare-kawasan-suaka-margasatwa-cikepuh-rYIPp6fKKg.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

SUKABUMI - Kebakaran hutan yang melanda kawasan Suaka Margasatwa Cikepuh, Sukabumi, Jawa Barat, terus meluas. Hingga kini, api belum bisa dipadamkan.

"Berdasarkan data kebakaran hutan yang melanda suaka margasatwa itu mencapai 300 hektare," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Usman Susilo di Sukabumi, Rabu (9/9/2015).

Menurutnya, terus meluasnya kebakaran hutan itu disebabkan oleh tiupan angin yang kencang ditambah banyak ranting pohon yang kering sehingga api dengan cepat merambat. Selain itu, lokasi kebakaran juga sulit dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran. Sehingga, petugas kesulitan menembus titik kobaran api.

Bahkan, petugas yang berupaya memadamkan api juga sulit mendapatkan pasokan air karena lokasi suaka margasatwa yang kering. Sehingga, harus mencari sumber air yang cukup jauh.

Petugas terpaksa memadamkan api dengan cara manual sehingga menguras tenaga dan waktu, akibatnya api cepat menjalar.

"Tidak menutup kemungkinan jika dilihat dari kondisi cuaca yang kering dan angin bertiup kencang maka kebakaran hutan ini akan semakin meluas," kata Usman.

Selain kebakaran yang melanda Suaka Margasatwa Cikepuh, Kecamatan Ciemas, kebakaran hutan juga menghanguskan 30 hektare lahan di Bukit Puncak Habibie yang berlokasi di Kampung Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Kebakaran hutan ini disebabkan oleh kondisi bukit yang kering. Namun, petugas gabungan dari TNI, Polri, SAR daerah, dan dibantu masyarakat berhasil memadamkan api pada hari ini sekira pukul 01.00 WIB.

(Fal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini