nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Efek Kabut Asap, Pemkot Pontianak Tiadakan CFD

Dina Prihatini, Jurnalis · Sabtu 12 September 2015 14:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 09 12 340 1212992 efek-kabut-asap-pemkot-pontianak-tiadakan-cfd-xnrC5oEMd5.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

PONTIANAK – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak meniadakan Car Free Day (CFD) selama dua pekan, efek semakin pekatnya kabut asap menyelimuti Kota Pontianak.

Penghentian sementara CFD yang biasa digelar di sepanjang Jalan Ahmad Yani ini berlaku selama dua akhir pekan, mulai hari Minggu 13 September 2015.

Wali Kota Pontianak Sutarmidji mengatakan, kebijakan tersebut diambil karena kondisi cuaca di Kota Pontianak saat ini sangat tidak sehat bagi masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah.

“Kabut asap itu mengandung bahan berbahaya. Dalam satu meter kubik udara itu sekarang sudah mencapai 700 unit gram polutan,” ungkapnya kepada Okezone, Sabtu (12/9/2015).

Kandungan polutan yang masih dikategorikan sehat yakni pada level 0–50. Namun, apabila kandungan itu di atas 300, sudah masuk kategori sangat berbahaya. Sedangkan kondisi kabut asap di Kota Pontianak saat ini sudah mengandung 700 unit gram polutan dan dipastikan sangat tidak sehat apabila terhirup oleh manusia.

“Kita imbau masyarakat hendaknya mengurangi aktivitas di luar rumah. Kalau tidak penting, jangan keluar rumah. Tapi kalau memang mendesak, kenakan masker,” ujar Sutarmidji.

Sebelumnya, Pemkot Pontianak juga telah meliburkan kegiatan belajar mengajar mulai Kamis-Sabtu, 10-12 September 2015. Sementara pada hari Senin 14 September mendatang, siswa kembali belajar seperti biasa. Namun, apabila pada hari Senin kondisi Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) kian memburuk, kemungkinan libur sekolah akan diperpanjang.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini