nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Riau Akhirnya Berstatus Darurat Asap

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Senin 14 September 2015 23:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 09 14 340 1214196 riau-akhirnya-berstatus-darurat-asap-4YHTi0nkKt.jpg Kota Pekanbaru yang terus-menerus diselimuti kabut asap (Foto: Antara)

PEKANBARU - Setelah sekira sebulan kebakaran hutan di Riau belum tertangani, akhirnya provinsi yang dijuluki Bumi Lancang Kuning ini menaikan status kabut asap menjadi darurat dari sebelumnya siaga asap.

Hal itu disampaikan Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman setelah melakukan rapat kordinasi dengan seluruh eleman di posko penanggulangan asap.

"Mulai hari ini Riau kita naikan statusnya darurat pencemaran udara. Tapi bukan penanganan kebakarannya," kata Plt Gubernur Riau Senin (14/9/2015).

Plt Gubernur yang biasa disapa Andi ini mengatakan, bahwa selama empat hari ini pencemaran udara akibat kabut Riau memang sangat mengkawatirkan. Karena data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Riau beberapa hari terakhir bertahan di atas 300 Psi atau di posisi terburuk yakni berbahaya.

Terkait penetapan status darurat ini maka pihak Pemprov akan melakukan kordinasi dengan seluruh kabupaten dan kota.

"Besok (Selasa, 15 September 2015) saya akan ke Jakarta untuk membahas ini bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan," tambah Andi.

Dengan kenaikan status ini, maka penangulangan kabut asap Riau akan dibantu dengan pemerintah Pusat. Sebelumnya Gubernur Riau sudah didesak berbagai kalangan yakni DPRD Riau, forum lintas suku, mahasiswa, wali kota dan lainnya agar menaikan status menjadi darurat.

Desak ini karena tidak ada kemajuan berarti dalam penanggulangan bencana asap. Hari ini saja, kondisi asap Riau dalam kondisi terburuk, jarak pandang hanya 60 meter.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini