Share

Negosiasi Pembebasan WNI di Papua Nugini Berlangsung Alot

Syamsul Anwar Khoemaeni, Okezone · Selasa 15 September 2015 05:25 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 15 340 1214250 negosiasi-pembebasan-wni-di-papua-nugini-berlangsung-alot-9XjMeBx0gG.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Hingga kini, nasib dua warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Jefri Pagawak di Papua Nugini, masih misterius.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Endang Sodik mengaku masih menunggu laporan lanjutan terkait proses negosiasi.

"Ini masih negosiasi, kami masih monitor dengan Kodam Cendrawasih," ujar Endang saat dikonfirmasi Okezone.

Meski demikian, Endang memastikan kelompok tersebut meminta barter dengan dua rekannya yang saat ini ditahan di Polsek Keerom.

Endang menegaskan, pihaknya berupaya menghindari kontak senjata, serta tidak akan menyetujui usulan pertukaran tersebut. "Kita tetap ingin penyelesaian tanpa kontak senjata, tapi tidak akan serahkan tahanan juga," imbuhnya.

Seperti diketahui, dua tukang kayu, Sudirman (28) dan Badar (20) disandera oleh kelompok separatis. Bahkan, keduanya juga dibawa ke wilayah Papua Nugini.

Alhasil, pihak militer Indonesia tidak bisa berbuat banyak dan menyerahkan urusan tersebut ke otoritas negara tetangga paling timur tersebut.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini