Image

Penyebab IPK Bisa Turun

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Kamis 17 September 2015, 05:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 09 16 65 1215427 penyebab-ipk-bisa-turun-oNshqHPYyR.jpg Penyebab IPK mahasiswa bisa turun. (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

JAKARTA - Selain masalah asmara, indeks prestasi kumulatif (IPK) yang rendah atau turun juga bisa bikin mahasiswa merasa galau. Kalau sudah begitu, kamu harus introspeksi dan berusaha untuk memperbaikinya di semester berikutnya.

IPK turun bisa diantisipasi jika kamu bisa memperkirakan penyebabnya. Oleh karena itu, berikut Okezone uraikan faktor-faktor yang bisa menyebabkan IPK turun:

1. Sering bolos kuliah

Kuliah adalah kunci untuk mengetahui materi yang diberikan dosen. Kalau kamu sering bolos, otomatis kamu banyak ketinggalan materi dan informasi. Akibatnya, waktu ujian kamu jadi enggak bisa menjawab soal dengan benar.

2. Terlalu sibuk ikut kegiatan kampus

Jadi mahasiswa yang aktif itu banyak manfaatnya. Tapi, kalau enggak bisa bagi waktu dengan baik, kamu bisa kuwalahan mengatur waktu belajar, sehingga berdampak buruk pada nilai akademis.

3. Kecanduan game

Saat ini, banyak game yang membuat mahasiswa kecanduan. Akibatnya, mereka hanya menghabiskan waktu di depan gadget-nya untuk main game sampai lupa belajar dan mengerjakan tugas.

4. Kebanyakan hura-hura

Ada beberapa mahasiswa yang intensitas untuk main atau hang out lebih sering ketimbang belajar. Bersosialisasi dengan teman tentu sah-sah saja, tapi kamu juga harus bisa mengontrol diri. Terlalu banyak hura-hura juga membuat kamu boros.

5. Putus cinta

Kesedihan yang dialami mahasiwa pascaputus dengan pacar kerap mempengaruhi nilai akademis. Pasalnya, mereka jadi tidak bersemangat dan kehilangan fokus belajar karena rasa galau. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini