nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harimau Masuk ke Permukiman, 12 Kambing Warga Dimangsa

Demon Fajri, Jurnalis · Selasa 22 September 2015 11:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 09 22 340 1218689 harimau-masuk-ke-permukiman-12-kambing-warga-dimangsa-Ve9Xc1GTud.jpg Ilustrasi

BENGKULU - Sebanyak 12 kambing milik warga Desa Padang Pelawi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Bengkulu, dimangsa harimau sumatera (panthera tigris sumatrae).

Kepala Desa Padang Pelawi, Ridi Kismanto, mengatakan, 12 kambing yang disantap harimau milik dua warga setempat. Kambing tersebut disantap saat berada di dalam kandang.

"(Sebanyak) 12 kambing dimakan harimau yang diduga berasal dari hutan lindung," kata Ridi saat dihubungi Okezone, Selasa (22/9/2015).

Ia menambahkan, jarak hutan lindung dengan permukiman warga sekira 100 meter. Kejadian tersebut membuat warga Desa Padang Palawi cemas. "Warga sudah cemas dengan adanya harimau ini," tutur Ridi.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu, Anggoro Dwi Sujiarto, menyatakan sudah menerjunkan tim ke lokasi kejadian.

"Kita sudah menerjunkan tim ke lokasi untuk mengecek secara langsung," jelas Anggoro saat ditemui di ruang kerjanya.

Dia juga mengatakan, tim yang dikirim akan melakukan pengusiran harimau dengan cara membunyikan suara letusan. Tujuannya, kata dia, agar harimau kembali ke kawasan hutan.

"Kita upayakan mengusir harimau. Jika memang membahayakan, alternatif terakhir BKSDA akan memancing harimau untuk masuk kerangkeng. Langkah itu kita lakukan jika memang membahayakan," jelas Anggoro.

Ia menambahkan, masuknya harimau ke permukiman warga diduga karena wilayah tersebut termasuk area bermainnya. "Bisa jadi itu lokasi bermain harimau," pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini