nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polres Blitar Gerebek Gudang Pengoplos Gas

ant, Jurnalis · Rabu 23 September 2015 16:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 09 23 519 1219769 polres-blitar-gerebek-gudang-pengoplos-gas-My7w72y0yq.jpg Ilustrasi (Foto: Koran Sindo)

BLITAR – Petugas Kepolisian Resor Kota Blitar, Jawa Timur, menggerebek sebuah gudang dijadikan sebagai tempat mengoplos gas elpiji. Modus pelaku dengan cara memindahkan isi tabung elpiji dari ukuran 3 kilogram (kg) ke ukuran 12 kg.

"Kami sudah lakukan penyelidikan di tempat ini dan ternyata digunakan untuk mengoplos, memindahkan isi elpiji ukuran 3 kg ke tabung 12 kg," kata Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Kota Blitar AKP Dhanang Yudhanto di Blitar, Rabu (23/9/2015).

Petugas datang ke lokasi gudang yang berada di Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar tersebut. Namun, gudang yang disulap menjadi kandang ayam itu, ternyata dikunci dengan gembok dari luar.

Pengelola juga menolak membukakan gembok tersebut. Sehingga, petugas harus memotong gembok dengan mesin pemotong.

Di dalam lokasi, petugas menemukan sekira 102 tabung elpiji ukuran 12 kg serta 76 tabung gas ukuran 3 kg dan sudah siap edar.

Dari hasil pemeriksaan sementara, gudang ini sudah beroperasi lebih dari satu tahun. Jika dihitung, keuntungan dari pabrik ini sekira Rp15 juta sampai Rp20 juta per bulan.

Modus yang mereka gunakan juga sederhana, yakni dengan membuat regulator yang sudah dimodifikasi. Sehingga, isi tabung ukuran 3 kg bisa dipindah ke ukuran 12 kg.

"Keuntungannya bisa sampai 100 persen. Empat tabung bersubsidi bisa untuk satu tabung ukuran 12 kilogram," katanya.

Dari penggerebekan itu, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa regulator, jarum pembuka segel, ratusan segel tabung, timbangan, buku catatan dan pembukuan, sampai uang yang diduga hasil penjualan tabung sebanyak Rp816.000. Seluruh barang tersebut kini sudah dibawa petugas ke kantor polisi.

(Fal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini