Anak Petani Salak Jadi Sarjana Cumlaude

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Kamis 24 September 2015 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 09 24 65 1220089 anak-petani-salak-jadi-sarjana-cumlaude-Hoxu3wGTMm.jpg Warno, anak petani salak yang lulus menjadi sarjana berpredikat cumlaude. (Foto: dok. Unsoed)
JAKARTA - Namanya singkat saja, Warno, tetapi prestasi yang ditorehkannya selama kuliah berderet panjang. Bahkan, anak petani salak ini menjadi sarjana berpredikat cumlaude.

Alumnus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) itu diwisuda belum lama ini. Selama menempuh pendidikan di Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP Unsoed, hari-harinya dipenuhi segudang aktivitas. Namun beragam kesibukan tidak menyurutkan semangat Warno untuk lulus tercepat dalam masa studi tiga tahun 11 bulan dan dua hari, serta merebut predikat cumlaude dengan IPK 3,66.

Putra pasangan Ahmad Sumitro dan Paikem ini memilih Unit Kerohanian Islam (UKI) serta Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Administrasi Negara sebagai organisasi tempatnya bernaung. Sejak awal masa kuliah, Warno aktif di kedua organisasi itu. Bahkan, dia menjabat sebagai Kepala Bidang Syiar di UKI Unsoed dan Ketua Umum HMJ Ilmu Administrasi Negara pada 2014.

Meski begitu, kesibukan kuliah dan berorganisasi tidak menyurutkan gairah Warno mencetak berbagai prestasi. Setiap tahun, dia menerima beasiswa dari berbagai lembaga donor karena capaian akademisnya. Cowok kelahiran Sigaluh, Banjarnegara itu juga menjadi finalis Mahasiswa Berprestasi tingkat FISIP, meraih juara tiga pada Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional (LKTIN) Explosion yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya Malang serta finalis pagelaran Kakang Banjarnegara.

Selain itu, cowok 23 tahun ini juga aktif di luar kampus. Dia bergabung dengan Ikatan Mahasiswa Banjarnegara sebagai staf kaderisasi. Bagi Warno, kesibukannya di Ikatan Mahasiswa Banjarnegara ini menguatkan ikatan dengan daerah asalnya. Bahkan, meski sibuk mengerjakan skripsi, dia tidak segan meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan belajar bagi siswa SD di Prigi Kecamatan Sigaluh Banjarnegara. Aktivitas pengabdian pada masyarakat ini dijalani Warno hingga lulus.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini