nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penjelasan VW Indonesia soal Heboh Skandal Emisi

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at 25 September 2015 13:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 09 25 15 1220696 penjelasan-vw-indonesia-soal-heboh-skandal-emisi-T61ktIuo7M.jpg Penjelasan VW Indonesia soal Heboh Skandal Emisi (Foto: Ilustrasi/Motrolix)

JAKARTA - Skandal kecurangan emisi gas buang yang dilakukan Volkswagen (VW) terhadap mobil bermesin diesel sampai ke PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku agen pemegang merek (APM) VW di Indonesia. Meski tidak banyak memasarkan produk bermesin diesel, namun VW Indonesia berharap kasus ini tidak berimbas besar di Tanah Air.

"Kami berharap tidak terlalu berpengaruh. Saat ini kami sedang merangkum untuk detail informasinya. Sejauh ini kami tidak ada panggilan untuk servis. Semua mobil masih aman dan masih layak jalan," ujar Rully Johan, public relations head division Garuda Mataram Motor kepada Okezone, Jumat (25/9/2015).

Lebih lanjut Rully menjelaskan, VW Indonesia akan terus memberikan informasi kepada pelanggan terkait kasus ini dan hal-hal lain yang sekiranya dibutuhkan oleh pemiliki mobil VW bermesin diesel. "VW akan informasikan secepatnya," kata Rully.

VW Indonesia hanya memasarkan dua produk bermesin diesel yakni minivan Caravelle dan SUV Touareg. Di Indonesia, VW lebih fokus menjual mobil penumpang bermesin bensin.

"Kami jual mobil diesel di sini tidak begitu banyak karena fokusnya di mesin bensin. Dulu punya Touareg, lalu sekarang kami punya Caravelle dan itu mobil komersial. Sekarang mobil penumpang (di Indonesia) tidak ada satu pun yang pakai diesel," pungkas Rully.

Seperti diketahui, Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) menyatakan bahwa VW memasang perangkat lunak para produknya yang dapat mengubah kadar racun dalam emisi gas buang saat dilakukan pemeriksaan. Saat digunakan sehari-hari, kadar emisi yang terlepas dari pembuangan jauh di atas ambang batas.

Akibat permasalahan ini, VW akan me-recall 11 juta unit mobilnya di seluruh dunia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini