nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korut Siapkan Peluncuran Satelit, Korsel & AS Cemas

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu 27 September 2015 12:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 09 27 18 1221555 korut-siapkan-peluncuran-satelit-korsel-as-cemas-KhWKnymdzL.jpg Pemimpin Korut Kim Jong-un meninjau pusat ulang alik di Pyongyang pada Mei 2015. (Foto: Reuters)

PYONGYANG – Korea Utara (Korut) dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran satelit baru ke luar angkasa untuk menggantikan satelit lama mereka yang tiga tahun lalu dikirim ke orbit. Namun, peluncuran yang direncanakan akan dilakukan bulan depan itu menimbulkan kecemasan bagi tetangganya Korea Sealatan (Korsel) dan seterunya Amerika Serikat (AS).

Kecemasan itu terkait kecurigaan kedua negara bahwa peluncuran tersebut adalah sebuah uji coba sistem untuk menembakkan senjata nuklir. Hal itu tidak terlalu jauh dari bayangan mengingat Korut baru saja mengoperasikan kembali fasilitas nuklirnya di Yong Byon bulan lalu.

Laporan dari Reuters, Minggu (27/9/2015) menyebutkan bahwa Menteri Luar Negeri Korsel Yun Byung memperkirakan Korut akan mengirimkan satelitnya ke angkasa bertepatan dengan peringatan hari jadi ke-70 partai berkuasa Partai Buruh Korea yang jatuh pada 10 Oktober mendatang. Menurutnya, peluncuran itu hanyalah kamuflase bagi uji coba rudal negara yang dipimpin Kim Jong-un tersebut.

Pada 2012, Korut mengejutkan dunia setelah berhasil meluncurkan satelit mereka ke luar angkasa. Peluncuran itu mengirimkan sebuah satelit dengan bobot 100 kilogram ke ketinggian 540 kilometer di atas permukaan bumi.

Namun, setelah diluncurkan tiga tahun lalu, satelit yang seharusnya mengirimkan gambar ke Pyongyang itu tidak pernah memancarkan sinyal dan kini perlahan-lahan meninggalkan orbitnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini