nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Musim Kemarau, 200 Kg Ikan Mati Per Hari

Joni Farles, Jurnalis · Senin 28 September 2015 11:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 09 28 340 1221943 musim-kemarau-200-kg-ikan-mati-per-hari-zSXLMFcYCw.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

MUSI RAWAS - Kemarau membuat sejumlah petani dan pengusaha bangkrut. Seperti yang dialami Dedi (30), pengusaha kolam ikan di Kelurahan Ketuan, Kecamatan Ketuan I, Kabupaten Musi Rawas.

Ia mengatakan, padam musim kemarau ini, aliran air dari irigasi terhambat ke kolam ikannya. Akibatnya, ikannya banyak yang mati mendadak.

"Sejak dua bulan lalu hingga saat ini atau tepatnya musim kemarau, ikan milik kami ini setiap harinya mati dalam satu hari bisa 100 hingga 200 Kg," ujar Dedi, Senin (28/9/2015).

Ia menambahkan, sejak kemarau melanda daerahnya pada Agustus hingga September 2015 kerugiannya terus bertambah. Kekeringan semakin membuat irigasi kering.

Dedi juga mengatakan, aliran air yang terhambat membuat sirkulasi oksigen di kolam ikan tidak lancar. Hal itu mengganggu pernafasan ikan tersebut.

"Kalau selama ini air yang kami manfaatkan deras sehingga pernafasan ikan tidak terganggu. Sejak air kering, aliaran sungai terganggu dan pernapasannyapun juga terganggu," tuturnya.

Dengan banyaknya ikan yang tewas ini, dirinya berharap agar pemerintah dapat segera mengatasi keringnya irigasi.

Sementara Asisten II Bagian Pembangunan Pemerintahan Kabupaten Musi Rawas Saiful mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan keluhan masyarakat terkait tidak lancarnya air dari irigasi. Dalam waktu dekat petugas akan meninjau irigasi itu.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini