nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Persyaratan Bahasa untuk Studi ke Prancis

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Rabu 30 September 2015 06:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 09 29 65 1222661 persyaratan-bahasa-untuk-studi-ke-prancis-eM9khSTiPi.jpg Penuhi persyaratan bahasa untuk kuliah di Prancis. (Foto: Internations)
JAKARTA - Melanjutkan studi ke luar negeri membutuhkan persyaratan bahasa, seperti TOEFL dan IELTS. Tapi, untuk studi ke Prancis, kamu juga diminta memiliki kemampuan bahasa Prancis dengan memperlihatkan sertifikat bahasa yang dimiliki.

Kemampuan bahasa Prancis yang diminta bergantung pada tingkat studi (S-1, S-2 atau S3), bidang studi, dan persyaratan yang ditetapkan oleh universitas. Untuk itu, kamu harus mencari informasi ke universitas yang dituju guna mengetahui persyaratan dan level yang diminta.

Supaya enggak bingung, berikut persyaratan kemampuan bahasa Prancis yang umum digunakan untuk kuliah di sana.

1. DELF dan DALF

DELF dan DALF merupakan ijazah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional Prancis. Pada ujian DELF dan DALF, terdapat enam level ijazah mandiri sesuai dengan tingkatannya, yakni:

-Tingkat dasar: A1, A2

-Tingkat menengah/independen: B1, B2

-Tingkat mahir: C1, C2

Umumnya, level yang diminta oleh universitas di Prancis adalah tingkat menengah atau B2.

2. TCF dan TCF-DAP

TCF adalah tes bahasa Prancis yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional, Pendidikan Tinggi, dan Penelitian. TCF terdiri dari tes wajib dan tes pilihan.

Sedangkan TCF-DAP dirancang khusus untuk prosedur pendaftaran masuk ke universitas tahun pertama. Ujian TCF-DAP meliputi tes pemahaman lisan, tulisan, serta leksikal dan struktur bahasa. Tes ini juga dilengkapi dengan ujian tertulis.

3. Tes TEF

TEF merupakan tes untuk mengukur kemampuan dan tingkat bahasa Prancis melalui bentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 100 pertanyaan dan dua tes tambahan. Tes ini dilakukan dalam bentuk tertulis dan lisan.

Untuk mengetahui info lebih lanjut, kamu bisa langsung cek laman resmi Campus France di http://www.indonesie.campusfrance.org.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini