nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemanjat Tebing Gunung Parang Dievakuasi

Tri Ispranoto, Jurnalis · Minggu 04 Oktober 2015 16:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 10 04 525 1225869 pemanjat-tebing-gunung-parang-dievakuasi-V1JIFRvIxQ.jpg Ilustrasi (foto: Antara)

BANDUNG – Para pemanjat tebing di Gunung Parang di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta harus dievakuasi ke tempat aman lantaran lokasi mengamalami kebakaran.

“Untuk hari ini pemanjat tebing seluruhnya sudah keluar dari area Gunung Parang,” jelas Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono, dalam pesan singkat yang diterima Okezone, Minggu (4/10/2015).

Menurutnya, seluruh pemanjat tebing telah dipastikan meninggalkan tempat tersebut dari catatan pihak pengelola wisata dan para pemandu pemanjat.

Saat ini, kata Pudjo, proses pemadaman api masih berlangsung oleh masyarakat, polri, dan TNI. Bahkan untuk membantu proses pemadaman sebanyak 50 personel Brimob Polda Jabar diperbantukan dengan membawa watercanon ke lokasi kebakaran.

“Saat ini masih berusaha melakukan pemadaman bara api yang masih tersisa melalui pintu-pintu masuk wisata Desa Pesangrahan dan Desa Sukamulya,” katanya.

Lebih lanjut Pudjo menerangkan, Gunung Parang selama ini dikenal sebagai gunung batu andesit tertinggi kedua di Asia. Hal itu membuat banyak para pemanjat tebing datang ke lokasi tersebut untuk mengasah kemampuannya.

Di lokasi tersebut terdapat tiga tower atau titik panjat dengan ketinggian paling maksimal yakni 983 meter di atas permukaan laut. Lokasi kemiringan di sekitar Gunung Padang cukup bervariasi mulai dari 40 derajat hingga 90 derajat, dan hal itulah yang membuat lokasi tersebut sangat menarik bagi para pemanjat profesional.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini