nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UAD Gelar Kontes Roket Air Tingkat Pelajar

Prabowo, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2015 18:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 10 06 65 1227155 uad-gelar-kontes-roket-air-tingkat-pelajar-gebcsu4DMp.jpg Ilustrasi: Siswa merakit roket air. (Foto: dok. Okezone)

YOGYAKARTA - Pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat se-Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti kontes robot air di Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Terdapat 22 tim yang berlaga dalam kontes robot air tersebut.

Kontes roket air itu sekaligus peluncuran logo Milad ke-55 UAD oleh Rektor UAD Dr Kasiarno. Pada milad kali ini, UAD mengusung tema "Penguasaan Basic Sciences Untuk Pengembangan Iptek Menuju Indonesia Berkemajuan".

"Melalui tema ini, diharapkan Indonesia jaya dan berkemajuan bisa segera tercapai," kata Kasiarno di hadapan civitas akademika UAD, Selasa (6/10/2015).

Ketua Panitia Milad ke-55 UAD, Aris Thobirin, menjelaskan, roket air yang digunakan memiliki desain bertingkat dengan sistem separasi yang turun setelah mencapai ketinggian tertentu dengan membawa muatan bendera logo milad ke-55 UAD. Roket air ini dibuat atas kerjasama antara tim dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dengan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F Mipa) UAD.

Kontes itu sendiri berlangsung ketat karena masing-masing tim mampu meluncurkan roket air dengan mulus ke udara. Ada juga saat peluncuran mengalami kendala, tapi panitia memberi kesempatan pada kontestan untuk mengulang.

"Ini sangat luar biasa karena tujuan kontes bukan soal menang atau kalah, tapi kreativitas peserta untuk mengembangkan hasil karyanya," ujar salah satu panitia kontes.

Hasil karya peserta cukup menarik. Meski masih berstatus pelajar, peserta ternyata memiliki kemampuan yang cukup hebat. Roket robot air yang mereka buat mampu meluncur tinggi dengan jarak rata-rata di atas 100 meter lebih ke udara.

Selain menggelar kontes roket air, milad ke-55 UAD juga dimeriahkan berbagai lomba kesenian, pelayanan kesehatan pada masyarakat dan kegiatan lainnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini