nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seragam Batik Identitas Sekolah

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Rabu 07 Oktober 2015 08:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 10 07 65 1227452 seragam-batik-identitas-sekolah-ZOTqUkcPxD.jpg Ilustrasi: siswa memakai seragam batik. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Hampir setiap sekolah memiliki seragam batik yang dikenakan pada hari tertentu. Mengingat motif batik setiap sekolah berbeda-beda, seragam ini dianggap sebagai identitas sekolah.

Seorang siswi SMA bernama Halfa mengungkapkan, merasakan kebanggaan tersendiri jika sedang mengenakan seragam batik sekolahnya.

"Kalau ada acara keluar sekolah, seperti study tour, pasti disuruh pakai batik biar kelihatan dari sekolah mana," ujarnya kepada Okezone baru-baru ini.

Siswi SMAN 10 Bogor ini menambahkan, di luar kegiatan sekolah, seragam batik juga bisa menjadi identitas sekolah. Apalagi, jika dikenakan bersamaan dengan sekolah lain.

"Di Bogor pakai batik itu setiap Kamis. Jadi, kalau di hari itu main ke mall pasti ketahuan anak-anak dari SMA mana saja. Seru aja sih lihatnya," ucapnya.

Di samping menjadi identitas, Halfa menuturkan bahwa seragam batik juga bisa dijadikan kenang-kenangan saat lulus nanti. Dia berharap, budaya seragam batik jangan dihilangkan dan setiap sekolah bisa mempertahankan motif seragam batik dari satu angkatan ke angkatan lain.

"Iya buat kenang-kenangan kalau lulus soalnya setiap sekolah kan beda batik. Kalau bisa motifnya juga dipertahankan, biar setiap angkatan, mau yang angkatan atas atau bawah punya batik yang sama," pungkasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini