IORA Akan Memperkuat Kerjasama Regional Hindia

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 15 Oktober 2015 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 15 18 1232316 iora-akan-memperkuat-kerjasama-regional-hindia-YCBBOIEiXc.jpg Logo IORA (Foto: IORA)

JAKARTA – Asosiasi Negara-Negara Pesisir Hindia (IORA) diharapkan akan memperkuat kerja sama di antara negara-negara anggota. Diharapkan interaksi satu lama lain semakin meningkat dalam menghadapi isu di wilayah Samudera Hindia.

Pertemuan yang akan dilakukan di Padang pada 20-23 Oktober 2015 adalah tindak lanjut dari pertemuan di Perth, Oktober 2014. Pertemuan kali ini dianggap penting untuk merespons isu-isu terkini yang dihadapi oleh negara-negara di kawasan Samudera Hindia.

Diharapkan para peserta akan membentuk Komite Ad Hoc untuk menghasilkan IORA Concorde sebagai output dari pertemuan kali ini. Dalam pertemuan ini salah satu negara anggota, Australia, akan memberikan usulan dokumen mengenai Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Wanita.

“Isu yang kita hadapi sekarang berbeda dibandingkan ketika pertemuan di Perth. Bukan berarti pertemuan terakhir tidak punya output sama sekali. Saya harap ini akan mengatur bagaimana kita, negara-negara di Samudera Hindia, berinteraksi dalam merespons isu wilayah,” ujar Benyamin Carnadi yang ditunjuk oleh Kementerian Luar Negeri sebagai delegasi Indonesia dalam IORA, saat menjawab pertanyaan wartawan, Kamis (15/10/2015).

Benyamin mencontohkan isu mengenai pencari suaka ilegal yang ingin memasuki wilayah Australia. Bila tak ada interaksi di antara negara-negara pesisir Hindia, bisa saja mereka terlantar di laut dalam waktu yang lebih lama.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini