nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Defisit Inovasi!

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Kamis 15 Oktober 2015 16:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 15 65 1232342 indonesia-defisit-inovasi-218YpDRMjP.jpg Ilustrasi: inovasi alat terapi kanker buatan peneliti BATAN. (Foto: dok. Okezone)
DEPOK – Karya inovasi Indonesia masih sangat tertinggal. Saat ini, dari 144 negara di dunia, pencapaian inovasi Indonesia ada di peringkat ke-30.

"Posisi negara kita saat ini sedang berada di tataran kurang menggembirakan kalau disandingkan berjejer dengan negara-negara lain, termasuk negara tetangga. Pringkat 30 dari 144 negara itu masih di level E atau D, lulus saja belum. Memprihatinkan," kata Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristek Dikti Muhammad Dimyati saat membuka Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina di Balairung Universitas Indonesia (UI), Kamis (15/10/2015).

Dimyati miris lantaran jumlah SDM Indonesia begitu besar dengan lulusan hebat namun potensi yang ada terus terpendam. Ia menambahkan hal itu membuat Indonesia defisit inovasi.

"Betapa hebatnya potensi kita miliki, tapi kenapa potensi terpendam terus, tak termanifestasikan dalam suatu karya. Masih defisit dalam inovasi," paparnya.

Dia pun mengajak seluruh peserta OSN untuk mengecek produk yang mereka pakai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Seluruhnya hampir diproduksi oleh asing.

"Adik-adik bisa lihat berapa persen yang adik-adik gunakan, nikmati, manfaatkan yang berasal dari inovasi orang Indonesia. Sains dan teknologi itu cara bangsa lain ingin mencengkeram negara kita. Kalau tak tunjukan jati diri, kita jauh tertinggal dari negara lain," tegasnya.

Dimyati juga mengajak peserta OSN Pertamina 2015 untuk lebih mampu berinovasi menghasilkan karya cipta yang dapat diunggulkan. "Ribuan mahasiswa secara rutin mengikuti OSN harus mampu melahirkan yang terbaik dari mahasiswa terbaik," imbuhnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini