Agenda Menlu Retno dalam Seminggu

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Jum'at 16 Oktober 2015 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 16 18 1232940 agenda-menlu-retno-dalam-seminggu-5MagZEC8LR.jpg Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi (Foto: Okezone)

JAKARTA – Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi dijadwalkan melakukan pertemuan dengan beberapa menlu dari beberapa negara. Hal ini dikonfirmasi oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir.

β€œMenlu dijadwalkan bertemu beberapa menlu negara sahabat. Didahului pertemuan dengan Menlu Iran. Menlu rencananya ditemani Bapak Menteri ESDM Sudirman Said dalam kunjungan ke Iran ini,” ujar Arrmanatha saat menjawab pertanyaan wartawan, Kamis 15 Oktober 2015.

Agenda dalam pertemuan dengan Iran adalah untuk memperkuat kerjasama bilateral kedua negara. Diharapkan beberapa kerjasama dalam bidang energi dan riset kebijakan dapat disetujui. Iran juga memandang Indonesia sebagai salah satu teman penting.

Menlu Retno kemudian dijadwalkan menerima kunjungan Menlu Arab Saudi pada 20 Oktober 2015. Kunjungan ini sebagai tindak lanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Arab Saudi beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan kali ini, Indonesia ingin mendapat jaminan dari Arab Saudi dalam hal penyelenggaraan ibadah haji yang lebih baik dari tahun ini.

Pada 22 Oktober 2015 Menlu Denmark Kristian Jensen akan mengunjungi Indonesia beserta dengan Ratu Margrethe II. Presiden Jokowi akan menerima kunjungan kenegaraan dari Ratu Denmark. Diharapkan pertemuan Menlu Retno dengan Menlu Jensen akan menghasilkan kerjasama dalam bidang ekonomi, transportasi, dan energi terbarukan.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini