10 Rumah Ibadah di Aceh Singkil Dibongkar Petugas

Salman Mardira, Okezone · Senin 19 Oktober 2015 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 19 340 1234476 10-rumah-ibadah-di-aceh-singkil-dibongkar-petugas-nq9Sp5f2VG.jpg foto: Illutrasi Okezone

BANDA ACEH - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mulai membongkar 10 rumah ibadah yang didirikan tanpa izin, di Kabupaten Aceh Singkil. Pembongkaran ini sesuai dengan kesepakatan bersama para pihak sebelumnya.

Petugas baru merubuhkan tiga rumah ibadah di Kecamatan Suro. Masing-masing Gereja Katolik di Desa Mandumpang, Gereja Misi Injil Indonesia (GMII), dan Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi (GKPPD) di Desa Siompin.

"Pembongkarannya aman lancar. Bangunannya memang tidak ada izin," kata Kepala Satpol PP dan Wilayatul Hisbah Aceh Singkil, Abdullah saat dihubungi Okezone, Senin (19/10/2015).

Gereja yang dibongkar tersebut ketiganya berbentuk bangunan semi permanen. Petugas merubuhkan bangunan itu dengan palu dan linggis. Pembongkaran ini dikawal ketat kepolisian dan disaksikan oleh sejumlah warga.

10 rumah ibadah tanpa izin itu sudah sepakat dibongkar, setelah rapat bersama unsur Muspida, forum kerukunan umat beragama, ormas serta tokoh-tokoh masyarakat, pada 12 Oktober 2015. Pembongkarannya dilakukan bertahap mulai hari ini hingga sepekan ke depan.

Sementara itu, 13 gereja lain yang belum ada izin pendiriannya disepakati agar mengurus izin resmi ke pemerintah dalam tenggat waktu enam bulan. 10 rumah ibadah yang sepakat dibongkar itu masing-masing tersebar di Kecamatan Suro, Simpang Kanan, Danau Paris, dan Gunung Meriah.

Kata dia, pihaknya akan melanjutkan pembongkaran tujuh bangunan yang tersisa. "Kami belum tau lokasi (pembongkaran-red) untuk besok, masih tunggu arahan pimpinan," sebutnya.

Sebelumnya, aksi pembongkaran paksa rumah ibadah dilakukan massa menamakan diri Pemuda Peduli Islam (PPI) di Aceh Singkil pada 13 Oktober lalu, berakhir rusuh. Seunit gereja dibakar, seorang warga tewas. Empat lainnya luka-luka.

(AWL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini