nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Bernama Asep Akan Diberi Beasiswa

Oris Riswan, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2015 19:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 21 525 1235782 anak-bernama-asep-akan-diberi-beasiswa-ucRdGxYbQ3.jpg

BANDUNG - Paguyuban Asep yang merupakan kumpulan orang-orang bernama Asep berencana memberikan beasiswa bagi anak bernama Asep. Tujuannya agar nama Asep tetap lestari dan orangtua tak gengsi memberikan nama tersebut.

Asep Tutuy Turyana, pengurus Paguyuban Asep, menyebut saat ini sudah sangat jarang orangtua yang memberikan nama Asep pada anaknya. Kalaupun ada, mayoritas nama Asep diberikan pada anak di era 1990-an.

Nama Asep seolah tak lagi seksi untuk dipakai. Orangtua saat ini lebih memilih nama berbau kebarat-baratan atau Arab yang dinilai lebih moderen. "Kita berencana memberikan beasiswa pendidikan bagi anak bernama Asep yang lahir mulai tahun ini," kata Asep di Bandung, Rabu (21/10/2015).

Hal itu diharapkan dapat memancing para orangtua memberikan nama Asep yang selama ini identik dengan nama orang Sunda. Asep sendiri berasal dari kata kasep atau tampan dalam bahasa Indonesia. Ada juga beberapa makna lain dibalik nama Asep. "Asep itu merupakan nama warisan budaya khas Sunda walaupun di daerah lain di Indonesia juga ada nama Asep," ungkapnya.

Lewat kegiatan Konperensi Asep Asep yang akan digelar Minggu (25/10/2015) nanti, para pemilik nama Asep diharapkan memiliki kebangaan dengan namanya. Sebab Asep bukan nama yang kampungan. Asep punya banyak makna positif. "Beberapa orang yang bernama Asep ada yang malu dengan namanya. Lewat kegiatan ini kita ingin membangkitkan kebangaan orang-oang bernama Asep," jelasnya.

Asep menambahkan, beasiswa bagi pemilik nama Asep itu akan berasal dari Paguyuban Asep. Nantinya, Paguyuban Asep yang baru terbentuk 1 Agustus 2010 akan mencari dana dengan berbagai kegiatan demi memenuhi program tersebut.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini