Image

Tambahan Dana, Kemristek Dikti Naikkan BOPTN

Afriani Susanti , Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2015, 07:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 22 65 1236003 tambahan-dana-kemristek-dikti-naikkan-boptn-ipDULUcS2Q.jpg Menristek Dikti M Nasir dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI. (Foto: Afriani S/Okezone)
JAKARTA - Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mendapat tambahan anggaran pada RAPBN 2016. Di antara pos yang bertambah adalah bantuan operasional pendidikan tinggi negeri (BOPTN).

Rapat kerja Kemenristek Dikti dengan Komisi X DPR tadi malam menyepakati tambahan anggaran Rp2,63 triliun, sehingga total anggaran yang diterima kementerian pimpinan M Nasir itu adalah Rp40,267 triliun.

"Anggaran yang kami ajukan memang masih kurang. Terima kasih kepada badan anggaran untuk tambahan Rp2,63 triliun," kata Menristek Dikti M Nasir di Komisi X, tadi malam.

Dari Rp2,63 triliun anggaran tambahan tadi, Rp787,08 miliar dialokasikan untuk kenaikan pos BOPTN. Sebelumnya, Kemenristek Dikti mengajukan Rp3,763 triliun pada pos BOPTN sebagai imbas penurunan anggaran pemerintah. Padahal, tahun ini anggaran BOPTN mencapai Rp4,5 triliun.

Selain itu, pos lain yang juga mendapat tambahan dana adalah sarana prasarana perguruan tinggi sebesar Rp1,8 miliar. Pos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga mendapat tambahan Rp52,32 miliar.

Sebelumnya diberitakan, penurunan anggaran BOPTN pada RAPBN 2016 akan memaksa perguruan tinggi menutup kekurangan biaya operasional secara mandiri. Salah satu caranya, dengan menaikkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibebankan kepada mahasiswa.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini