nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuliah di Luar Negeri Tak Hanya untuk Si Pintar

Afriani Susanti , Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2015 18:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 10 23 65 1236918 kuliah-di-luar-negeri-tak-hanya-untuk-si-pintar-ry0WyNtVv2.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Belajar di luar negeri bukan hanya untuk mereka yang memiliki prestasi akademis baik. Sebaliknya, kesempatan menuntut ilmu di negeri asing terbuka lebar untuk semua orang.

Bahkan, melalui program Credit Transfer Center (Create) yang dicanangkan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), semua mahasiswa berpeluang mengambil transfer kredit di kampus mancanegara. Direktur Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristek Dikti, Paristianti Nurwardani, menyatakan, syarat untuk bisa lolos pada program Create bukan hanya pintar secara akademis.

"Akan ada seleksi lainnya. Yang jelas, kami mencari mahasiswa baik-baik. Namun, tidak ada syarat yang heboh seperti untuk melamar beasiswa," ujar Paris di Kemenristek Dikti, Jumat (23/10/2015).

Bagi Paris, Create adalah program yang bisa membantu anak Indonesia pergi ke arena internasional. Paris sendiri meyakini, kualitas mahasiswa Indonesia sudah bagus.

"Mereka hanya perlu lebih percaya diri. Sebab, kepintaran tidak hanya dinilai dari sisi akademis, namun juga bisa dilihat dari sisi kecerdasan yang lain, seperti secara emosional," imbuhnya.

Program Create memungkinkan mahasiswa menempuh studi di perguruan tinggi asing dengan mentransfer kredit perkuliahan mereka dari kampus asal. Paris menilai, program ini tidak hanya memberi keuntungan akademis, tetapi menunjang kompetensi sosial para peserta.

"Peserta program Create akan mendapatkan transkip nilai dari perguruan tinggi tujuan, namun dengan ijazah kampus asal di Indonesia. Jadi mereka akan diakui pernah menempuh studi di kampus asing tersebut. Begitu juga sebaliknya bagi mahasiswa asing peserta program Create," papar Paris.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini