nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Lahan, Hewan Buas Masuk ke Pemukiman Warga

Demon Fajri, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2015 12:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 10 24 340 1237407 kebakaran-lahan-hewan-buas-masuk-ke-pemukiman-warga-xQyfiqwBhE.jpg foto: ilustasi Okezone

BENGKULU - Kebakaran lahan gambut yang terjadi sejak beberapa hari terakhir di Desa Srikaton, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu membuat hewan buas mulai memasuki pemukiman penduduk.

''Hewan liar seperti ular dan babi menyerang masyarakat, karena kehilangan habitat akibat kebakaran lahan gambut,'' kata warga setempat,Yati, Sabtu (24/10/2015).

Tidak hanya itu, tambah dia, masuknya hewan buas ke pemukiman telah merugikan masyarakat. Pasalnya, tanaman ketela menjadi sasaran hewan buas yang kelaparan.

Upaya pemadamkan api, tambah dia, sudah dilakukan dengan cara tradisional dan menggunakan peralatan seadanya. Namun itu tidak akan mampu menanggulangi kebakaran lahan tersebut.

''Kita berharap ada bantuan pemadaman kebakaran lahan dari pemerintah setempat, seperti dari badan penanggulangan bencana daerah,'' harap Yati.

Sementara itu Kepala Desa Srikaton, Sarjoni, menjelaskan, bahwa luas lahan yang terbakar diperkirakan sudah mencapai belasan hektare. Lahan yang terbakar, jelas dia, merupakan perkebunan sawit masyarakat setempat, dengan kontur lahan berupa gambut, sehingga api sulit padam.

"Kemungkinan setengah sampai satu meter kedalaman gambut di lahan yang terbakar," pungkas Sarjoni.

(MSR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini