nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Hutan di Semeru Meluas Capai 50 Hektare

Senin 26 Oktober 2015 10:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 26 519 1238103 kebakaran-hutan-di-semeru-meluas-capai-50-hektare-fJwRcyVdKG.jpg Ilustrasi

MALANG - Kebakaran hutan di lereng Gunung Semeru hingga kini masih belum bisa dipadamkan. Total luasan yang terbakar mencapai kurang lebih 50 hektare sejak 20 Oktober 2015 lalu.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ayu Dewi Utari menyampaikan, tim gabungan hanya bisa mengendalikan api dan memadamkan lokasi yang bisa dijangkau. "Belum padam, kurang lebih 50 hektare," kata Ayu Dewi Utari, Senin (26/10/2015).

Informasi yang diterima Balai Besar TNBTS, Minggu kemarin, terpantau tujuh titik api yang masih menyala. Di antaranya di sekitar Ranupani, Waturejeng, di bawah Waturejeng, di sekitar Pos 1, di dekat Bantengan.

Akibat kebakaran ini, berbagai vegetasi endemik taman nasional hangus terbakar, kehidupan satwa liar yang ada di dalam kawasan juga terancam.

Sementara itu, pendakian ke gunung tertinggi di Jawa ini juga ditutup hingga batas waktu tidak ditentukan.

Sebelumnya, api hanya membakar luasan hutan sekira 25 hektare di beberapa titik seperti antara Pos 2 dan Pos 3 serta di daerah Waturejeng. Upaya pemadaman dan pengendalian terus dilakukan tim gabungan dari TNI, Polri, relawan, dan petugas TNBTS.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini