nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puncak Gunung Rakutak Bandung Terbakar, Warga Resah

ant, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2015 07:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 26 525 1238042 puncak-gunung-rakutak-bandung-terbakar-warga-resah-zoBwoSKWPD.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

BANDUNG - Gunung Rakutak di Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terbakar. "Sejak kemarin dua titik api terlihat di atas Gunung Rakutak. Mungkin juga dibakar para warga yang membuka lahan pertanian," kata Undang, salah seorang warga di Pacet, Senin (26/10/2015).

Nyala api dan kepulan asap terlihat jelas dari Jalan Pacet-Kertasari. Api terus meluas mendekati puncak pegunungan yang tersambung ke barisan Gunung Geber itu.

Menurut warga, gunung di kawasan itu kerap terbakar setiap musim kemarau. Namun, musim kemarau saat ini membuat hutan menjadi lebih kering dan dikhawatirkan kebakaran hutan di sana cepat meluas.

Warga lainnya, Wawan menuturkan bagian paling atas Gunung Rakutan masih lebat dan jarang dijamah warga. Namun, bagian lerengnya sudah mulai gundul akibat dirambah dan beralih fungsi menjadi lahan pertanian.

Itu makanya warga resah, sebab puncak gunung itu bisa gundul karena kebakaran. "Satu titik api di bagian puncak, saya khawatir terus meluas karena kondisinya sangat kering," ujarnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini