Jumlah Korban Tewas Gempa Bertambah, Penyelamatan Dipercepat

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 27 Oktober 2015 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 27 18 1238810 jumlah-korban-tewas-gempa-bertambah-penyelamatan-dipercepat-u5MsmpAMRk.jpg Regu penyelamat membawa seorang korban yang terluka akibat gempa di Afghanistan. (Foto: Reuters)

ISLAMABAD – Regu penyelamat mempercepat pengiriman bantuan bagi korban gempa dahsyat yang melanda Afghanistan dan Pakistan seiring bertambahnya jumlah korban tewas yang saat ini dilaporkan mencapai hampir 300 orang. Pertambahan jumlah korban terjadi di wilayah-wilayah pegunungan Hindukush.

“Usaha penyelamatan terus berlangsung, tenda, selimut, dan matras telah disediakan,” kata petugas manajemen bencana Pakistan, Latif ur Rehman, sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (27/10/2015).

Militer dan otoritas sipil Pakistan mengerahkan beberapa helikopter untuk memantau wilayah-wilayah bencana dan memperkirakan kerusakan yang terjadi di sana. Longsor yang terjadi di pegunungan utara Pakistan pada akhir pekan lalu telah menyebabkan ribuan turis terjebak.

Sementara di Afghanistan, operasi penyelamatan dipersulit dengan ancaman keamanan dari pemberontak Taliban. Ratusan rumah yang hancur akibat gempa menyebabkan kesulitan lainnya bagi para korban yang harus menghadapi musim dingin.

Data dari US Geological Survey (USGS) menngungkapkan bahwa gempa berkekuatan 7,5 Skala Richter (SR) yang terjadi Senin kemarin diikuti oleh tujuh gempa susulan yang kekuatannya mencapai 4,8 SR.

Sampai saat ini sedikitnya 275 orang dilaporkan tewas, dengan 228 korban jiwa berasal dari Pakistan, sedangkan sisanya dari Afghanistan. Jumlah ini diprediksi masih akan bertambah karena komunikasi di wilayah pegunungan Hindukush yang terletak dekat pusat gempa tidak berfungsi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini