Cara Si Pemalu Jadi Jago Public Speaking

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 28 Oktober 2015 05:46 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 27 65 1238899 cara-si-pemalu-jadi-jago-public-speaking-zpZop0PCdT.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Kemampuan public speaking atau berbicara di depan umum memiliki peran yang penting, terutama saat memasuki dunia kerja. Pasalnya, enggak menutup kemungkinan pada saat di lingkungan kerja kamu diberi kepercayaan untuk melakukan presentasi atau tanggung jawab lainnya.

Bagi si pemalu, berbicara di depan umum tentu menjadi tantangan tersendiri. Untuk mengatasinya, yuk simak beberapa tips berikut ini!

Perluas pergaulan

Sebelum mulai melatih public speaking, coba introspeksi bagaimana pergaulanmu sehari-hari. Sebab, untuk menghilangkan sifat pemalu, kamu harus punya pergaulan yang luas. Pergaulan yang luas membuatmu enggak canggung dalam berkomunikasi sehingga bisa berguna pada saat melatih kemampuan public speaking.

Tingkatkan percaya diri

Tidak lancar saat berbicara di depan umum disebabkan karena kamu enggak percaya diri. Kamu harus yakin bahwa punya kelebihan yang bisa ditunjukkan kepada banyak orang. Jangan takut dan terlalu memikirkan pendapat orang. Sebab, belum tentu mereka lebih baik daripada dirimu.

Lihat dan dengar

Ketika percaya diri dan keberanian mulai timbul, saatnya kamu melihat dan mendengar orang-orang yang punya skill public speaking yang baik. Kamu bisa melihatnya di berbagai media elektronik, seperti dengan menonton televisi, mendengar radio, atau melalui posting di berbagai media sosial. Cari tokoh dengan gaya bicara yang enak dan luwes sehingga bisa dijadikan contoh.

Latihan depan kaca

Di awal praktik, kamu bisa berlatih secara individu di depan kaca. Kamu bisa menilai diri kamu sendiri apakah sudah mahir atau perlu latihan lagi, baik dari segi suara atau intonasi. Lakukan cara ini sesering mungkin sehingga kamu bisa lancar saat harus berbicara di depan umum.

Praktik langsung

Kamu bisa mempraktikkan kemampuan public speaking-mu secara langsung di depan banyak orang. Jangan malu jika ditunjuk sebagai pemimpin. Jam terbang yang tinggi akan membuat kamu semakin lancar dalam melakukan public speaking.

Semoga berhasil!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini