Kiat Menjaga Keamanan Saat di Kampus

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2015 06:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 28 65 1239575 kiat-menjaga-keamanan-saat-di-kampus-8JmMFHSbHt.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Belum lama ini, seorang mahasiswi Universitas Mercubuana ditemukan tewas dengan mengeluarkan busa dari hidungnya di Apartemen Gateway Tower D, lantai 15, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Kejadian mengenaskan tersebut tentu menimbulkan kecemasan bagi para orangtua yang anaknya kuliah di luar kota.

Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga komunikasi dengan keluarga. Jangan sampai kamu sendirian dan enggak punya teman untuk berbagi di perantauan. Selain itu, kamu juga harus bisa jaga diri. Sebab, tidak jarang mahasiswa jadi korban kejahatan di kampus.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga diri dari kejahatan yang kerap terjadi di lingkungan kampus.

1. Jangan jalan sendirian

Ketika berangkat kuliah atau ke tempat lain, sebaiknya kamu mengajak seorang teman. Berjalan sendiri di tempat yang sepi akan memberikan kesempatan bagi penjahat untuk melakukan suatu hal yang buruk kepada dirimu.

2. Hindari keluar larut malam

Kadang-kadang mahasiswa terlalu asyik dengan kegiatan kampus atau bermain bersama teman sampai lupa waktu. Padahal, saat larut malam kondisi jalan semakin sepi sehingga rawan kejahatan. Kamu bisa menyetel alarm peringatan pulang supaya tak lupa waktu. Jika memang kemalaman, kamu bisa menginap di kosan teman ketimbang harus naik angkutan umum sendirian.

3. Bawa ponsel ke mana pun pergi

Jangan pernah lupa bawa ponsel saat kamu pergi. Hal ini supaya orang-orang mudah untuk menghubungimu. Ponsel juga berguna saat kamu ada dalam kondisi darurat dan harus meminta bantuan orang.

4. Latihan bela diri

Latihan bela diri bisa menjadi pilihan supaya kamu tetap aman. Keahlian bela diri bisa menjadi bekalmu melindungi diri saat mengalami tindak kejahatan. Bela diri bisa kamu ikuti melalui UKM di kampus, seperti pencak silat, taekwondo, karate, dan lain sebagainya.

5. Waspada dengan keadaan di sekitar

Kamu harus memahami keadaan lingkungan masyarakat di sekitar. Saat ada di lingkungan baru, kamu harus menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Jangan melakukan tindakan yang dibenci masyarakat. Cari informasi tentang tempat-tempat yang rawan perampokan di daerah tersebut, kejadian kejahatan yang pernah terjadi di daerah tersebut dan lain sebagainya.

6. Gunakan insting dan logika

Saat bertemu orang asing, gunakan instingmu untuk menilai apakah orang tersebut baik atau jahat. Ketika ada orang asing yang mengajak bicara, kamu harus tetap fokus, jangan sampai kamu dihipnotis atau ditipu. Gunakan logika dan pikiran yang jernih, jangan mudah percaya dengan omongan orang yang baru ditemui. Segera menghindar jika gerak-geriknya semakin mencurigakan.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini