nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tubagus Akhmad Khatib Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Rabu 04 November 2015 15:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 11 04 340 1243581 tubagus-akhmad-khatib-diusulkan-jadi-pahlawan-nasional-GlJejNajkT.jpg Tubagus Akhmad Khatib diusulkan jadi pahlawan nasional (Ilustrasi: Dok. Okezone.com)

SERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Banten, akan mengajukan satu nama untuk diajukan menjadi pahlawan nasional, yakni KH. Tubagus Akhmad Khatib Ibnuwasi’ Al-Bantani.

Hal tersebut terungkap dalam acara Napak Tilas Memperingati Hari Pahlawan 2015, di Tugu Perjuangan Cijentul, Kel. Cilowong, Kec. Taktakan, Serang, Banten, Selasa (3/11/2015) kemarin.

Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman mengatakan pengusulan KH. Tubagus Akhmad Khatib tersebut karena merupakan salah seorang tokoh yang mengeluarkan uang Banten. Apalagi, ia merupakan salah seorang tokoh yang mampu membangkitkan perekonomian Banten di masa lalu.

“Memang ada banyak pahlawan pejuang di Banten, namun kami mengajukan beliau karena mampu membangkitkan perekonomian Banten. Salah satu programnya yakni menjadi salah seorang tokoh yang mengeluarkan uang Banten,” katanya disela-sela kegiatan napak tilas.

Ia menambahkan kegiatan tersebut sebagai bentuk ajakan agar generasi muda tidak melupakan bagaimana perjuangan para pahlawan, untuk mengusir penjajah di bumi Banten. Bahkan, hingga rela mengorbankan nyawanya untuk merebut kemerdekaan.

“Kondisinya saat ini sejarah pengetahuan generasi muda mulai minim. Melalui kegiatan ini, mudah-mudahan dapat memotivasi generasi muda, sehingga dapat menyontoh dan pantang menyerah. Serta rela berkorban dan tidak mementingkan pribadi seperti yang ditunjukkan para pahlawan,” ucapnya.

Ia menambahkan, Pemkot Serang pun akan berupaya untuk mengenalkan seluruh pahlawan dari Kota Serang di sekolah-sekolah sebagai wawasan untuk menjalin persatuan mewujudkan Kota Serang Madani.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Serang Syamsuri Dahlan mengatakan peserta dalam kegiatan tersebut sekira 500 peserta, yang berasal dari perwakilan instansi, siswa, OKP, dan pramuka se-Kota Serang.

“Napak Tilas ini dimulai dari Tugu Perjuangan Cijentul dan selesai di Tugu 45 Kampung Tanjung Ilir,” tuturnya.

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini