nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tujuan Pendidikan Agama Islam di Indonesia

Afriani Susanti , Jurnalis · Rabu 04 November 2015 11:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 11 04 65 1243340 tujuan-pendidikan-agama-islam-di-indonesia-uzgt0RoiRl.jpg Santri mengaji di pesantren. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Indonesia menjadi salah satu negara dengan mayoritas masyarakatnya menganut agama Islam. Karena itulah, pendidikan berbasis Islam, seperti madrasah, mudah ditemui.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA mengungkapkan, pengajaran Islam sendiri memiliki dua tujuan. Pertama, mengajarkan agama kepada anak-anak agar bisa menjadi perekat sosial. Artinya, sebagai instrumen perekat, anak-anak diberi pengetahuan tentang kesadaran beragama dan kewarganegaraan.

Jadi, kata Kamaruddin, sebagai pemeluk agama Islam, anak-anak tidak hanya diajarkan bahwa Islam adalah agama yang benar, namun mereka juga harus memahami bila ada teman yang berbeda agama dan juga meyakini agama tersebutlah yang benar.

"Dan itu harus dihargai. Kita berteman dengan mereka yang berbeda agama karena kita hidup di negara yang majemuk," ujar Kamaruddin, di Kemenag, Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Tujuan kedua dari pengajaran Islam adalah bagaimana kita mengajak anak-anak bisa beribadah. "Kita harus mengajari mereka cara berhubungan yang baik dengan Tuhannya sehingga bisa membentuk anak yang soleh, taat beragama serta menghargai," imbuhnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini