Masuk Indonesia Tanpa Izin, Pilot Alasan Cuaca Buruk

Awaluddin Jalil (Sindonews), Sindonews · Senin 09 November 2015 22:58 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 09 340 1246451 masuk-indonesia-tanpa-izin-pilot-alasan-cuaca-buruk-B7dd812i5T.jpg Foto: Istimewa

SAMARINDA – Letnan Kolonel James Petrick Murphy, anggota US Navy Reserve yang memasuki wilayah udara Indonesia tanpa izin, kini menjalani penahanan di Lanud Tarakan. Selama ditahan, pria berusia 60 tahun ini diperlakukan dengan baik.

“Sekarang sedang beristirahat di Lanud Tarakan dan diperlakukan dengan baik selama masa penahanan. Besok akan dilakukan pemeriksaan lanjutan,” kata Kepala Penerangan Kodam VI Mulawarman Andi Gunawan, Senin (9/11/2015).

Begitu berhasil dipaksa mendarat oleh dua pesawat Sukhoi milik TNI AU, warga negara Amerika Serikat ini langsung menjalani pemeriksaan tertutup. James Petrick Murphy beralasan, menghindari cuaca buruk sehingga memasuki wilayah udara Indonesia.

“Pihak perusahaan penerbangan carter yang punya pesawat, enggan mengkonfirmasi terkait izin flight rute dari Filipina ke Singapura dengan menggunakan rute emergency, apabila pilot menghindari cuaca buruk. Pilot memang mengakui menghindari cuaca buruk saat pemeriksaan tadi sore,” kata Andi.

Andi menjelaskan, perusahaan pesawat yang dicarter James Petrick Murphy adalah Aircraft Guarantee.

“Perusahaan ini belum melengkapi izin menggunakan rute alternatif sebagai rute resmi bila menghadapi situasi darurat di udara,” pungkasnya.

Sebelumnya, sebuah pesawat sipil memasuki wilayah udara Indonesia di perairan Ambalat, Kalimantan Utara. Pesawat dengan Callsign N-96706 ini terpantau radar TNI AU. Dua pesawat Sukhoi dari Skuadron Makassar kemudian melakukan intercept flight dan dipaksa mendarat di Bandara Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini