nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5.000 Warga Jatiwangi Kompak Bermain Musik Genteng

Tri Ispranoto, Jurnalis · Rabu 11 November 2015 21:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 11 525 1247817 5-000-warga-jatiwangi-kompak-bermain-musik-genteng-36A0qh1xLN.jpg Alat Musik Genteng (foto: Tri Ispranoto/Okezone)

MAJALENGKA - Sebanyak 5.000 warga yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan Polisi Wanita (Polwan), kompak bermain alat musik genteng yang terbuat dari tanah liat.

Para warga yang berasal dari 16 desa di Kecamatan Jatiwangi tersebut dengan apik memainkan alat musik dari tanah liat yang menyerupai perkusi, suling, gitar, dan bas dalam acara yang diberi nama Ceramic Music Festival 2015.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan, festival tersebut telah dua kali diadakan selama tiga tahun terakhir. Namun festival tersebut tidak begitu dikenal di Indonesia dan malah besar di eropa dan Amerika Serikat.

 

“Mereka ini membuat sendiri alat musiknya dari genteng. Karena Jatiwangi ini memang terkenal dengan produksi genteng,” jelas Demiz usai acara yang digelar di Lapangan Eks Pabrik Gula, Kabupaten Majalengka, Rabu (11/11/2015).

Dari pantauan Okezone acara yang digelar pada Rabu siang itu diawali dengan pembacaan ikrar dan wisiat Jatiwangi sebagai pelopor musik instrument yang menggunakan tanah liat sebagai bahan dasar.

Acara pun dilanjutkan dengan instrument lagu yang dimainkan oleh warga. Terlihat para warga dengan kompak memainkan alat musiknya masing-masing. Bahkan beberapa anak SD yang berada di bagian paling depan nampak semangat bermain sambil menari sesuai arahan koreografer.

Jatiwangi sendiri sudah sejak 10 tahun lalu memproklamirkan diri sebagai kecamatan yang memiliki cirri khas instrument musik yang semuanya berbahan dasar tanah liat.

Sejak itu beberapa grup seperti People Clay dan Hanya Terra berhasil menggebrak dunia hingga menarik perhatian masyarakat eropa dan amerika untuk datang ke Jatiwangi.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini