Image

Akuntan Muda Unjuk Gigi di APMAC 2015

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Rabu, 11 November 2015 - 21:38 WIB
Pemenang APMAC 2015. (Foto: dok. Prasetiya Mulya) Pemenang APMAC 2015. (Foto: dok. Prasetiya Mulya)

JAKARTA - Dalam rangka menumbuhkan minat generasi muda Indonesia untuk menjadi akuntan profesional, program S-1 Accounting Prasetiya Mulya menyelenggarakan Accounting Prasetiya Mulya Challenge (APMAC) 2015. Acara ini merupakan sebuah kompetisi akuntansi tingkat regional bagi siswa-siswi SMA/SMK/sederajat.

Kompetisi diselenggarakan dalam tiga tahap, yaitu babak penyisihan berupa tes tertulis, babak semifinal berupa cepat tepat, serta babak final berupa studi kasus dan presentasi. Terdapat 62 tim peserta yang berasal dari SMA negeri dan swasta, serta SMK jurusan Akuntansi dari berbagai provinsi di Pulau Jawa dan Sumatera.

"Akuntansi di tingkat SMA masih dipandang dari segi teknisnya saja. Padahal, akuntansi sangatlah luas dan dapat dipandang sebagai bekal untuk menciptakan seorang pemimpin masa depan. Oleh karena itu, perlu adanya lomba-lomba yang semakin menumbuhkan minat anak SMA dan generasi muda dalam bidang akuntansi," ujar dosen Akuntansi Prasetiya Mulya, Athalia Aryanti Hidayat, seperti dilansir dari keterangan tertulis yang diterima Okezone, Rabu (11/11/2015).

Pada akhir kompetisi yang dilaksanakan kemarin, juri yang terdiri dari perwakilan pengajar dari Prasetiya Mulya School of Business and Economics menentukan empat tim terbaik. Juara pertama diraih SMA Kanisius Jakarta, disusul SMA Kristen Yusuf Jakarta pada posisi kedua. Sementara SMA Regina Pacis Bogor berada pada peringkat ketiga, serta SMKN 20 Jakarta sebagai juara keempat.

Para pemenang mendapat hadiah menarik sekaligus berkesempatan melakukan company visit ke PT Asahimas Flat Glass Tbk. Juara pertama memperoleh uang senilai Rp12 juta, juara kedua Rp9 juta, juara ketiga Rp6 juta, serta juara keempat Rp3 juta.

"Kunjungan ini dilakukan agar membuka wawasan siswa SMA bahwa pekerjaan akuntansi bukan melulu membuat laporan keuangan tetapi juga harus mengerti setiap aspek dari bisnis," imbuh Ketua Panitia APMAC 2015, Devi Ratnadhani.

Acara ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana yang dapat membantu siswa SMA untuk mendapatkan pengalaman serta wawasan yang luas mengenai akuntansi.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming