Suu Kyi di Ambang Kemenangan, Pemerintahan Thein Sein Legowo

Randy Wirayudha, Okezone · Kamis 12 November 2015 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 12 18 1248188 suu-kyi-di-ambang-kemenangan-pemerintahan-thein-sein-legowo-Cpt87niF3z.jpg Aung San Suu Kyi (Foto: Soe Zeya Tun/REUTERS)

YANGON – Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pimpinan Aung San Suu Kyi, sudah berada di gerbang kemenangan pada Pemilu Myanmar. NLD pun tinggal membutuhkan tiga kursi lagi di parlemen untuk memenangi suara mayoritas.

Seperti disitat Associated Press, Kamis (12/11/2015), NLD sudah menguasai total 326 kursi, di mana mereka menguasai 243 kursi di Majelis Rendah dan 83 di Majelis Tinggi. NLD membutuhkan tiga kursi lagi untuk memenangi mayoritas 329 kursi.

Meski begitu, Suu Kyi sendiri takkan bisa jadi presiden. Pun demikian, posisi Suu Kyi nantinya malah akan berada di atas Presiden Myanmar yang baru, bak dalang yang “memainkan” presiden boneka.

“Saya yang membuat semua keputusan, karena saya pemimpin dari partai pemenang. Presiden akan dipilih untuk memenuhi syarat konstitusi. dia (presiden) takkan punya wewenang. Dia akan bertindak menurut keputusan partai,” ucap Suu Kyi beberapa waktu lalu.

Sementara di sisi lain menanggapi kemenangan NLD pimpinan Suu Kyi yang hampir pasti, pemerintahan Presiden Jenderal Thein Sein legowo alias berlapang dada. Pemerintah mengklaim akan mengawal transisi pemerintahan secara damai.

“Selamat kepada Ketua (partai NLD) Aung San Suu Kyi dan partainya yang bisa mengumpulkan dukungan rakyat,” ujar juru bicara kepresidenan, Ye Htut di akun Facebook dan dilansir Reuters, Kamis (12/11/2015).

“Pemerintah akan menghormati dan mengikuti pilihan serta keputusan rakyat, sekaligus melakukan transisi kekuasaan dengan damai, sesuai waktu yang ditentukan,” tandas jubir yang merangkap Menteri Informasi Myanmar itu.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini