Image

Pemerintah Bentuk Badan Restorasi Lahan Gambut

Gunawan Wibisono, Jurnalis · Jum'at 13 November 2015, 14:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 11 13 337 1248779 pemerintah-bentuk-badan-restorasi-lahan-gambut-it2KSEki8a.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia sepakat membentuk badan restorasi gambut untuk menangani bencana kebakaran hutan dan lahan yang saat ini melanda wilayah Kalimantan dan Sumatera.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, badan tersebut nantinya bertugas mengembalikan lahan-lahan gambut yang rusak akibat terbakar. "Ada badan untuk menangani kebakaran, yaitu badan (restorasi gambut), BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) yang menangani kebakarannya. Tapi badan (restorasi gambut) ini yang menangani penyelesaian lingkungan," ujar JK di Hotel Shangrila, Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu menambahkan, badan restorasi tersebut sama halnya seperti badan restorasi di Aceh yang beberapa waktu lalu dibentuk pemerintah, setelah Kota Serambi Makkah itu ditimpa musibah tsunami. "Kita belajar dari apa yang telah kita kerjakan direstorasi Aceh, bahwa kita selesaikan tsunami Aceh persis 5 tahun dalam kerangka kerja yang tepat dan kerja sama semua pihak pemerintah," katanya.

Untuk sementara anggaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta dana dari BNPB akan dialokasikan ke badan restorasi gambut itu. "Itu ada dana dari kehutanan, ada dana dari BNPB, itu bisa dialihkan ke situ," ungkapnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini