nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penutupan Jalur Pendakian Semeru Diperpanjang

Hari Istiawan, Jurnalis · Jum'at 13 November 2015 13:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 11 13 519 1248746 penutupan-jalur-pendakian-semeru-diperpanjang-om4o3m0BA1.jpg Ilustrasi

MALANG - Penutupan jalur pendakian ke Gunung Semeru diperpanjang untuk waktu yang tidak ditentukan. Perpanjangan penutupan menyusul meningkatnya frekuensi kegempaan Gunung Semeru dan Bromo di awal pekan bulan ini.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saat ini intens berkoordinasi dengan PVMBG terkait peningkatan aktivitas ini. "Meneruskan penutupan Semeru dan melarang seluruh pendakian Semeru," kata Kepala Balai Besar TNBTS, Ayu Dewi Utari, Jumat (13/11/2015).

Sebelumnya, pasca-terjadi kebakaran hutan di bulan lalu, jalur pendakian Semeru ditutup dan rencananya akan dibuka kembali pertengahan November. Namun, pihak BB TNBTS memperpanjang penutupan pendakian karena aktivitas Semeru meningkat.

Terkait kebakaran hutan, Ayu mengaku sudah padam semua. Tidak ada kebakaran lagi di kawasan taman nasional. Total luas kebakaran di TNBTS selama 2015 mencapai 550 hektare. "Di Semeru 440 hektare dan di kawasan Bromo 110 hektare," kata Ayu.

Kebakaran terjadi di beberapa titik dan beberapa kali kejadian. Kebakaran terbesar berada di Pos 1 hingga Waturejeng yang mencapai 300 hektare.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini