nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyikapi E-Mail Lamaran Kerja yang Tak Dibalas

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Kamis 19 November 2015 05:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 11 18 65 1251803 menyikapi-e-mail-lamaran-kerja-yang-tak-dibalas-aEHopyqjqp.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA – Lamaran kerja saat ini bisa dikirimkan secara online melalui e-mail. Cara ini dinilai lebih praktis, apalagi bagi fresh graduate yang tidak berada di kota besar seperti Jakarta.

Namun, mengirim lamaran kerja via e-mail harus selalu siap menunggu jawaban dari perusahaan. Lantas, apa yang mesti dilakukan ketika kamu tak kunjung mendapat balasan?

1. Tunggu satu minggu sebelum follow-up

Berikan jeda waktu sekira satu minggu sebelum kamu melakukan follow-up. Ingat, orang yang mengirim lamaran tidak hanya kamu, sehingga butuh waktu bagi perusahaan untuk menyortir lamaran yang sesuai dengan apa yang mereka cari.

2. Hindari mengirim e-mail pada hari tertentu

Supaya lamaranmu mendapat respons cepat, kirimlah e-mail di hari dan jam kerja. Namun, usahakan jangan Senin karena biasanya perusahaan akan sangat sibuk di awal pekan. Hindari juga mengirim e-mail mendekati akhir pekan karena hal itu akan memperlama proses lamaran kerjamu itu.

3. Coba kirim lamaran lagi

Satu bulan tak dapat jawaban, mungkin kamu kurang beruntung. Bisa saja e-mail yang kamu kirimkan terlewat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu kembali mengirimkan lamaran kerja ke alamat e-mail yang sama.

4. Jangan bergantung pada satu perusahaan

Kirimkan lamaran kerja ke berbagai perusahaan. Sehingga kamu tidak hanya menghabiskan waktu untuk menunggu kepastian dari satu perusahaan. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini