Siswa Asyik Belajar Jika Guru Kreatif

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 25 November 2015 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 25 65 1255683 siswa-asyik-belajar-jika-guru-kreatif-dtGlxox6d3.jpg Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

JAKARTA - Kreativitas guru akan membuat kegiatan belajar dan mengajar lebih menyenangkan. Guru-guru pun bisa menjadi inspirasi bagi siswanya.

Inilah yang dilakukan Aris Riadi. Guru di SMPN 2 Pitu Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, kreatif menggabungkan kemampuan seninya dengan kompetensi pendidikan. Hasilnya, sebuah inovasi metode pengajaran yang menarik. Dia memanfaatkan media lukisan pasir sebagai sarana pembelajaran sejarah.

"Dengan lukisan, siswa jadi lebih mudah memahami dan ingat materi pelajaran ketimbang hanya membaca buku," terangnya kepada Okezone, belum lama ini.

Guru sejarah ini memang menggemari seni. Bahkan, di sela-sela kesibukannya sebagai pendidik, Aris juga mengelola dua sanggar seni budaya di Ngawi dan Madiun. Sanggarnya di Ngawi sudah berjalan dua tahun, sedangkan di Madiun sudah lima tahun.

"Di kedua sanggar ini, saya mengumpulkan para seniman yang memiliki segudang talenta seni. Mereka kemudian didorong untuk berkarya sambil meningkatkan aspek pemasaran," tutur Aris.

Aris meyakini, setiap guru punya kompetensi seni sesuai daerah masing-masing. Aspek inilah yang perlu dimanfaatkan guru untuk membuat metode pembelajaran yang menarik.

"Setiap guru bisa memadukan aspek pendidikan dengan seni sesuai asal daerahnya. Hasilnya, mereka menjadi guru-guru yang kreatif," imbuh Aris.

Agar terapresiasi, hasil kreativitas guru tadi lalu dikompetisikan. Misalnya, melalui Simposum Guru dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional 2015. Kegiatan tersebut bisa mendorong guru berinovasi dalam pengajaran.

Dia meyakini, guru kreatif akan membuat para siswa senang. Pada akhirnya, pendidikan pun akan berjalan baik.

"Meski demikian, kreativitas itu tidak terbatas pada ide dan gagasan. Guru kreatif juga menginspirasi melalui sikap positif, karakter unggulan dan teladan yang baik," tegasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini