Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT Perubahan Iklim di Paris

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 26 November 2015 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 26 18 1256349 presiden-jokowi-akan-hadiri-ktt-perubahan-iklim-di-paris-I0rlJfhKjh.jpg Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan menghadiri KTT perubahan iklim COP21 yang dijadwalkan berlangsung pada 30 November sampai 11 Desember 2015 di Paris, Prancis.

Berdasarkan keterangan dari Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir, Presiden dijadwalkan tiba di Paris pada 29 November, dan akan langsung melakukan pertemuan antar-kepala negara keesokan harinya.

Selama pelaksanaan COP21, Indonesia akan mengangkat beberapa isu, salah satunya memastikan terbentuknya sebuah kesepakatan yang adil dalam COP21.

β€œKita ingin menunjukkan bahwa Indonesia peduli terhadap isu ini dan menunjukkan kepemimpinan dalam tercapainya suatu regulasi baru,” kata Arrmanatha dalam pertemuan pers di Kantor Kemlu RI, Kamis (26/11/2015).

Indonesia juga akan mengangkat isu mengenai bantuan bagi negara berkembang untuk mengatasi masalah perubahan iklim ini. Arrmanatha menuturkan, bantuan tersebut dapat berupa capacity building agar negara berkembang dapat melakukan usaha yang lebih baik dalam mengelola emisinya.

Selain agenda perubahan iklim, Presiden Jokowi juga direncanakan melakukan beberapa pertemuan bilateral dengan beberapa negara, di antaranya Belanda dan Norwegia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini